ABSTRAK :
Pesawat UAV (Unmaned Aerial Vehicle), sebuah pesawat udara yang tidak memiliki awak di dalamnya (onboard). Pesawat UAV dimasa depan harus mutlak memiliki sistem kendali autopilot, sehingga jika komunikasi pesawat UAV mendapat gangguan, pesawat UAV dapat melanjutkan misinya sendiri tampa kendali langsung dari operator atau kembali ke pangkalan awal, secara autonoumus. Untuk mendapatkan sistem kendali autopilot yang baik, perlu dilakukan perancangan sistem kendali autopilot agar sistem kendali autopilot tersebut sesuai dengan spesifikasi pesawat UAV yang digunakan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk perancangan sistem kendali autopilot adalah metode Hardware In the Loop (HILs).
Perancangan sistem kendali yang dibantu oleh metode Hardware In the Loop Simulation merupakan metode yang tepat untuk melakukan perancangan sistem kendali. Metode ini menggunakan Model Predictif Control (MPC) yang di awali dengan simulasi Software In the Loop untuk mepelajari stabilitas pesawat saat terbang. Hasil terbaik dari perancangan sistem kendali autopilot ini nantinya akan di terapkan pada terbang real pesawat UAV dengan sistem kendali autopilot.
Kesimpulan dari uji sistem kendali autopilot dengan metode Hardware In the Loop simulation adalah pesawat S774-TP dapat terbang autopilot secara baik pada setting-an PID ke-10 dengan nilai koefesien koralasi (R) 0,59934. Jika diterapkan pada uji sistem kendali saat terbang real, hasilnya adalah hampir menyerupai dengan hasil terbang simulasi dengan nilai koefesien korelasi (R) 0,5762.3
Kata Kunci : Autopilot, Hardware In The loop simulation, PID, Perancangan sistem kendali
|