© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISA MODUS FREKUENSI ALAMIAH SAYAP PADA PESAWAT T34C-1 DENGAN METODE MYKLESTAD
Penulis
JUMA ADI
Pembimbing : Drs. Sukoco, MPd. MT - M. Ardi Cahyono, ST. MT

ABSTRAK :
Sayap adalah salah satu bagian pesawat yang berfungsi menghasilkan gaya angkat ( lift ). Gaya angkat yang diproduksi oleh sayap karena adanya perbedaan tekanan di antara permukaan sayap dimana tekanan udara di permukaan atas sayap lebih kecil dari pada tekanan di permukaan bawah sayap. Selain itu selama operasi penerbangan sayap menerima gangguan baik berupa vibrasi mesin dan turbulensi udara. Oleh karena itu, sayap merupakan struktur yang penting dalam konstruksi suatu pesawat udara dan juga sebagai pusat dari tegangan dimana komponen yang membentuk sayap harus sangatlah kuat dan mampu menahan beban.Beban dinamik seringkali lebih berbahaya dibandingkan beban statik. Sayap adalah sebuah benda yang memiliki massa, sifat kelentur(elastisitas) dan peredaman sehingga analisis getaran (vibrasi) dapat digunakan untuk mendesain suatu sayap. Frekuensi alamiah adalah parameter yang sangat penting ketika kita melakukan analisis vibrasi. Metode yang digunakan dalam menganalisa modus alamiah sayap adalah metode Schrenkdigunakan untu,k menghitung distribusi beban dan metode Myklestad metode adalah metode yang digunakan untuk mencari modus alamiah sayapdengan memodelakan sayap dalam bentuk batang . Penelitian ini bertujuan untuk menghitung frekuensi alamiah sayap pesawat udara T34C-1 Charlie dengan menggunakan metode myklestad. Setelah dihitung diperoleh hasil ωn1 = 100 rad/det , ωn2 = 250 rad/det, ωn3 = 450 rad/det, dan ωn4 = 520,2179 rad/det. (kata kunci: distribusi gaya lift, beban total sayap, modus alamiah)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : JUMA ADI
NIM : 02050120
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024