ABSTRAK :
Sayap adalah salah satu bagian pesawat yang berfungsi menghasilkan gaya
angkat ( lift ). Gaya angkat yang diproduksi oleh sayap karena adanya perbedaan
tekanan di antara permukaan sayap dimana tekanan udara di permukaan atas
sayap lebih kecil dari pada tekanan di permukaan bawah sayap. Selain itu selama
operasi penerbangan sayap menerima gangguan baik berupa vibrasi mesin dan
turbulensi udara. Oleh karena itu, sayap merupakan struktur yang penting dalam
konstruksi suatu pesawat udara dan juga sebagai pusat dari tegangan dimana
komponen yang membentuk sayap harus sangatlah kuat dan mampu menahan
beban.Beban dinamik seringkali lebih berbahaya dibandingkan beban statik.
Sayap adalah sebuah benda yang memiliki massa, sifat kelentur(elastisitas) dan
peredaman sehingga analisis getaran (vibrasi) dapat digunakan untuk mendesain
suatu sayap. Frekuensi alamiah adalah parameter yang sangat penting ketika kita
melakukan analisis vibrasi.
Metode yang digunakan dalam menganalisa modus alamiah sayap adalah
metode Schrenkdigunakan untu,k menghitung distribusi beban dan metode
Myklestad metode adalah metode yang digunakan untuk mencari modus alamiah
sayapdengan memodelakan sayap dalam bentuk batang .
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung frekuensi alamiah sayap pesawat
udara T34C-1 Charlie dengan menggunakan metode myklestad. Setelah dihitung
diperoleh hasil ωn1 = 100 rad/det , ωn2 = 250 rad/det, ωn3 = 450 rad/det,
dan ωn4 = 520,2179 rad/det.
(kata kunci: distribusi gaya lift, beban total sayap, modus alamiah)
|