© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH KETINGGIAN TERBANG TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK ENGINE TURBOPROP PESAWAT GROB 120 TP-A DALAM KONDISI CRUISING
Penulis
GARYGLAD ALBERT SURYA TAN
Pembimbing : Nurfi Ahmadi, S.T., M.Eng. - M. Jalu Purnomo, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
Pesawat Grob 120 TP-A beroperasi pada berbagai kondisi ketinggian. Perubahan ketinggian tersebut memengaruhi kinerja engine pesawat, dengan demikian akan memengaruhi konsumsi bahan bakar pesawat tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya nilai konsumsi bahan bakar spesifik dan mengetahui pengaruhnya terhadap ketinggian terbang serta daerah ketinggian yang paling efisien untuk konsumsi bahan bakar spesifik dalam kondisi cruising. Proses analisis perhitungannya menggunakan persamaan dari buku “Elements of Gas Turbine Propulsion” karangan Jack D Mattingly dan menggunakan Software Microsoft Excel 2010. Untuk memulai perhitungan maka diperlukan beberapa parameter data input yang telah didapat dari referensi dan data spesifikasi pesawat Grob 120 TP-A. Parameter tersebut untuk mencari nilai konsumsi bahan bakar spesifik yang paling kecil pada kondisi cruising (terbang jelajah) mulai dari ketinggian 10.000 ft – 25.000 ft, dengan interval kenaikan ketinggian per 2.000 ft. Dari hasil penelitian menggunakan perbandingan analisis turboprop ideal dan analisis turboprop real maka didapatkan selisih nilai konsumsi bahan bakar spesifik pada ketinggian 10.000 ft - 25.000 ft yang paling kecil pada kondisi cruising adalah pada ketinggian 25.000 ft dengan nilai konsumsi bahan bakar spesifik 0,1833 (lbm/hr)/lbf. Kata kunci: konsumsi bahan bakar spesifik, Grob 120 TP-A


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : GARYGLAD ALBERT SURYA TAN
NIM : 11040010
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024