OPTIMASI TENAGA KERJA PROYEK CORROSION PREVENTIVE CONTROL PROGRAM INSPECTION PESAWAT BAe AVRO RJ 85 PK-PJJ BERDASARKAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) |
Penulis Joao Paulo Guterres
Pembimbing : M. Jalu Purnomo, ST., M.Eng - Karseno KS, INZ, SE, MM
|
ABSTRAK :
Perencanaan kegiatan-kegiatan pada proyek proses perawatan pesawat merupakan masalah yang sangat peting diperhatikan karena perencanaan kegiatan merupakan dasar untuk proyek bisa berjalan dan agar proyek yang dilaksanakan dapat selesai dengan waktu yang di harapkan. Pengoptimalan tenaga kerja dan pembuatan jaringan kerja merupakan salah satu cara untuk membuat proyek perawatan pesawat menjadi lebih efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pembuatan jaringan kerja, menentukan jalur kritis dan total waktu penyelesaian proyek serta mengetahui optimasi tenaga kerja menggunakan metode CPM (Critical Path Method).
Analisis dan pembuatan jaringan kerja dilakukan dengan menggunakan metode CPM (Critical Path Method). Setelah dilakukan analisis pembahasan, pembagian berdasarkan zona pesawat dapat mempengaruhi TAT (Turn Around Time). Pembuatan jaringan kerja CPM dan crushing time tenaga kerja pada proyek perawatan CPCP (Corrosion Preventive Control Program) didapat TAT 30 hari dari 40 hari stimasi awal dari perusahaan.
Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah untuk pembuatan jaringan kerja pada proyek perawatan pesawat terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi data, jalur kritis berada pada jalur 4 dengan rangkaian kegiatan A5+B5+C5+D5+E5+F5. Dengan total waktu penyelesaian 40 hari, perubahan rangkain kegiatan pada jalur kritis setelah dilakukan optimasi tenaga kerja menjadi 30 hari penyelesaian.
Kata kunci : optimasi, metode CPM (Critical Path Method), Corrosion Preventive Control Program, BAe AVRO RJ 85.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: Joao Paulo Guterres |
|
NIM |
: 11050008 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|