ABSTRAK :
Controlled Flight Into Terrain (CFIT) telah menjadi penyebab kecelakaan pesawat udara paling besar. CFIT didefinisikan sebagai peristiwa pada pesawat udara dimana pesawat yang secara mekanis berfungsi normal tetapi dengan tidak sengaja jatuh ke darat, air atau menabrak rintangan. Pilot biasanya tidak sadar sampai akhirnya terlambat menghindari dataran tinggi. Pilot yang sangat berpengalaman pun tanpa sengaja bisa melakukan Controlled Flight Into Terrain. Hal ini terjadi karena kelelahan, kehilangan orintasi posisi pesawat, atau kehilangan kewasapadaan akan keadaan. Situasi seperti ini biasanya terjadi di tempat dengan dataran tinggi seperti perbukitan dan pengunungan, atau terjadi karena jarak pandang yang rendah didalam awan. Simulasi sistem kendali terbang otomatis untuk menghindari tabrakan dengan dataran tinggi menggunakan Matlab dengan seri R2010b dengan toolbox fuzzy. Jenis kendali fuzzy yang digunakan adalah fuzzy sugeno dengan 12 rule dan 2 membership function serta defuzzyfikasi. Hasil dari simulasi menggunakan software MATLAB R2010b didapatkan hasil sebagai berikut : Simulasi sistem kendali terbang otomatis pada kecepatan 200, 220 dan 240knot pada clearance memiliki nilai yang tidak aman yaitu 9ft, 6ft dan 3ft karena jaraknya terlalu dekat 1000m dan sudut naiknya besar sehingga pesawat pada area tidak aman. Dan pada kecepatan 260knot clearance memiliki nilai aman semua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa simulasi sistem kendali terbang otomatis pada kecepatan 260knot clearance yang paling aman.
Kata kunci: defuzzifikasi, fuzzifikasi, fuzzy logic controller kendali otomatis, rule based.
|