ABSTRAK :
Pelayanan pada saat pesawat di darat dilakukan oleh unit-unit ground handling yang saling bekerjasama untuk kelancaran suatu kegiatan pelayanan, kegiatan pelayanan ini bertujuan untuk keselamatan penerbangan ketepatan waktu pelayanan dan juga kepuasan pengguna jasa pelayanan dalam hal ini penumpang.Ketepatan waktu pelayanan telah ditetapkan oleh International Air Transport Association (IATA) yaitu untuk pesawat narrow body 40 menit. Dengan menganalisis waktu pelayanan yang dilakukan oleh unit ground handling cakrawala airport service maka dapat dilihat berapa waktu pelayanan yang diberikan selama pesawat berada di darat. Metode yang digunakan untuk mencari lama waktu pelayanan yaitu dengan mencari rata-rata setiap kegiatan dan membandingkan menurut standar pelayanan IATA. Kegiatan yang dianalisis di cakrawala airport services selama bulan juli yaitu block on - block off, stair/avio bridge, pax disembark, unloading, cleaning/servicing, loading, pax boarding, fueling, documents, door closed. Dari hasil analisis ground time di cakrawala airport services diperoleh hasil yaitu 33.65 menit dari standar ground time IATA selama 40 menit, hal ini menandakan bahwa pelayanan yang dilakukan sudah optimal. Dari sebanyak 10 kegiatan yang dianalisis terdapat satu kegiatan yang melebihi batas waktu menurut stanar IATA, yaitu pada kegiatan pelayanan boarding passanger. Waktu standar yaitu 12 menit, sedangkan dalam pelayanan dicakrawala airport service yaitu 13,66 menit. Tetapi secara keseluruhan keadaan pelayanan yang diberikan oleh cakrawala airport service untuk penanganan pesawat di darat sudah baik.
Kata Kunci : Pelayanan, Ramp Activity, Ground Handling
|