ABSTRAK :
Mesin turbofan merupakan salah satu mesin turbin penggerak pesawat terbang. Turbofan digunakan pada pesawat secara umum baik sipil maupun tempur. Selain efisien dipakai sebagai penggerak pesawat jet berpenumpang besar jarak jauh, keberadaan pesawat jet berpenumpang besar jarak jauh yang banyak dan terus diperbaharui menjadikan mesin turbofan sebagai mesin yang juga banyak diproduksi dalam memenuhi operasi pesawat jet berpenumpang besar jarak jauh tersebut.
Perancangan mesin turbofan ini berguna jika bangsa indonesia ingin memajukan industri penerbangannya. Dalam prosesnya, perancangan ini melalui tiga tahapan inti dari perancangan mesin turbin yaitu : Thermodynamic, Aerodynamic dan Mechanical design. Proses perhitungannya menggunakan Ms. Excel dengan data yang dapat diperoleh tahap demi tahap.
Kesimpulan yang diperoleh berupa spesifikasi mesin dan data-data yang digunakan untuk melanjutkan proses perancangan sampai tahap manufaktur. Proses perancangan ini sementara menghasilkan data berupa Thrust Specific : 123,886 N/(Kg/s), Specific Fuel Consumption : 3,988 (Kg/s)/N. Dengan komponen fan berupa 2 stage Fan Axial yang menampung Air Flow Mass : 666,792 Kg.s. Komponen fan ini menanggung beban yang masih di bawah ambang batas meterial Titanium (σc = 5.000 Psi atau 334,738 Mpa) yaitu sebesar σc = 218,9145 Mpa dan σc = 170,824 Mpa .
Kata Kunci: aerodynamic, fan, mechanical, perancangan, thermodynamic, turbin.
|