© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA
Penulis
YANUAR RIFQI ABDULLAH
Pembimbing : Drs. C. Suhadiwarno, M. Si. - Rully Medianto, ST., MT,

ABSTRAK :
Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta merupakan bandar udara yang dibangun di Yogyakarta. Saat ini, terjadi peningkatan penumpang yang sangat signifikan. Menurut General Manajer PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta Andi G Wirson mengatakan tren penumpang angkutan udara di DIY pada awal tahun ini cenderung dikisaran rata-rata 7.000 penumpang di terminal kedatangan dan 7.000 di terminal keberangkatan. Saat ini jumlah penumpang total rata-rata 14.000 per hari sudah dinilai melebihi kapasitas. Peningkatan penumpang harus diiringi dengan peningkatan standar pelayanan (level of service) publik. Oleh karena itu skripsi ini membahas tentang level of service pelayanan publik Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Jenis dan rancangan penelitian menggunakan kepustakaan (library research) dan fakta lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data pada penelitian ini mengacu pada SKEP 284/X/1999 dan SKEP 77/IV/2005. Hasil penelitian di bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta diantaranya: waktu proses check-in, waktu tunggu check-in, pemeriksaan security check kondisi normal dan kondisi khusus, penyerahan bagasi pertama dan terakhir, kesejukan terminal, Public Address System (PAS), serta tersedianya fasilitas umum memperoleh nilai kinerja operasional 100%. Sedangkan kapasitas terminal memperoleh nilai kinerja operasional 27,61%, kebersihan terminal memperoleh 98,44%, kemudahan bagi penumpang untuk mengangkut bagasinya sebesar 15,38%, dan pelayanan informasi memperoleh 98,68% untuk Public Information System (PIS), dan 98.59% untuk Flight Information Display System (FIDS). Sehingga nilai perolehan kinerja operasional Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta memperoleh 0.96. Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sudah baik, sesuai dengan level of service SKEP 284/X/1999 dan SKEP 77/IV/2005. Kata kunci : Pelayanan publik, bandar udara internasional, kualitas, kualitas pelayanan.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : YANUAR RIFQI ABDULLAH
NIM : 09050087
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024