ABSTRAK :
Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta merupakan bandar
udara yang dibangun di Yogyakarta. Saat ini, terjadi peningkatan penumpang
yang sangat signifikan. Menurut General Manajer PT Angkasa Pura I (Persero)
Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta Andi G Wirson mengatakan tren
penumpang angkutan udara di DIY pada awal tahun ini cenderung dikisaran
rata-rata 7.000 penumpang di terminal kedatangan dan 7.000 di terminal
keberangkatan. Saat ini jumlah penumpang total rata-rata 14.000 per hari sudah
dinilai melebihi kapasitas. Peningkatan penumpang harus diiringi dengan
peningkatan standar pelayanan (level of service) publik. Oleh karena itu skripsi
ini membahas tentang level of service pelayanan publik Bandar Udara
Internasional Adisutjipto Yogyakarta.
Jenis dan rancangan penelitian menggunakan kepustakaan (library
research) dan fakta lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang
digunakan menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data pada
penelitian ini mengacu pada SKEP 284/X/1999 dan SKEP 77/IV/2005.
Hasil penelitian di bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta
diantaranya: waktu proses check-in, waktu tunggu check-in, pemeriksaan security
check kondisi normal dan kondisi khusus, penyerahan bagasi pertama dan
terakhir, kesejukan terminal, Public Address System (PAS), serta tersedianya
fasilitas umum memperoleh nilai kinerja operasional 100%. Sedangkan kapasitas
terminal memperoleh nilai kinerja operasional 27,61%, kebersihan terminal
memperoleh 98,44%, kemudahan bagi penumpang untuk mengangkut bagasinya
sebesar 15,38%, dan pelayanan informasi memperoleh 98,68% untuk Public
Information System (PIS), dan 98.59% untuk Flight Information Display System
(FIDS). Sehingga nilai perolehan kinerja operasional Bandar Udara
Internasional Adisutjipto Yogyakarta memperoleh 0.96. Hal tersebut
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Bandar Udara Internasional Adisutjipto
Yogyakarta sudah baik, sesuai dengan level of service SKEP 284/X/1999 dan
SKEP 77/IV/2005.
Kata kunci : Pelayanan publik, bandar udara internasional, kualitas, kualitas
pelayanan.
|