ABSTRAK :
Winglet berbentuk sayap kecil yang dipasang menyudut ke atas di kedua
ujung sayap pesawat terbang berfungsi untuk menaikkan performance pesawat
terbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan
nilai performa aerodinamika pada masing masing variasi cant angle pada sayap
pesawat
Penelitian ini menggunakan 4 variasi cant angle yaitu 15°, 30°, 45° dan
60°. Simulasi di lakukan dengan 3 variasi kecepatan yaitu 144,044m/s, cruising
speed dan top speed. Pemodelan menggunakan software CATIA dan simulasi
menggunakan software ANSYS
Hasil menunjukkan bahwa nilai lift tertinggi yaitu pada wing dengan cant
angle winglet 150. Nilai L/D yang paling tinggi terdapat pada winglet dengan
cant angle 300 yaitu sebesar 5,96996 pada kecepatan 144,044m/s, 6,35977 pada
kecepatan 269,255m/s dan 6,38748 pada kecepatan 281,26m/s. Nilai lift dan drag
tertinggi terjadi pada kecepatan 144,044m/s, hal ini disebabkan karena pengujian
pada kecepatan 144,044m/s diuji pada ketinggian sea level yang memiliki nilai
density udara lebih besar sedangkan variasi kecepatan cruise dan top speed
menggunakan ketinggian 12496,8m dengan nilai density rendah sehingga
berpengaruh terhadap nilai lift dan drag yang dihasilkan
|