© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS TERMODINAMIKA PENGGUNAAN INTERCOOLER UNTUK MENURUNKAN TEMPERATUR PADA HIGH PRESSURE COMPRESSOR TERHADAP PERFORMA TURBOFAN ENGINE
Penulis
Pandu Tri Hananto
Pembimbing : Kris Hariyanto, ST., MT - Sri Mulyani, ST., M.Eng

ABSTRAK :
Efisiensi merupakan faktor penting dalam perkembangan kemajuan teknologi mesin turbofan untuk pesawat terbang. Oleh karena itu, diperlukan inovasi bagaimana cara meningkatkan efisiensi mesin turbofan agar mendapatkan performa efisiensi engine CFM56-3B-1 yang lebih baik yaitu mencari nilai Spesific Thrust (f/ṁ0) ,Spesific Fuel Consumption (S), Thrust Ratio (FR), Efisiensi Propulsi (P), Efisiensi Thermal (T), dan Efisiensi Overall (O) dengan asumsi engine menggunakan intercooler dan menggunakan perhitungan analisis termodinamika siklus real engine turbofan dan bantuan software PARA. Didapatkan untuk Spesific Thrust (f/ṁ0) tertinggi pada Tt3 1200oK sebesar 274.93N/(kg/s) ,Spesific Fuel Consumption (S) terendah pada Tt3 1300oK sebesar 17.6(mg/s)/N, Thrust Ratio (FR) tertinggi pada Tt3 1200oK sebesar 4.51, Efisiensi Propulsi (P) tertinggi pada Tt3 1600oK sebesar 43.94%, Efisiensi Thermal (T) tertinggi pada Tt3 1200oK sebesar 49.46%, dan Efisiensi Overall (O) tertinggi pada Tt3 1400oK sebesar 17.69%. Dari hasil perhitungan terhadap efisiensi turbofan engine, pengaruh temperatur output High pressure compressor sangat mempengaruhi performa engine. Hasil yang didapatkan yaitu Spesific Thrust (f/mo) tertinggi 274.9330812 N/(kg/s). Spesific Fuel Consumption (S) terendah 17.6045 (mg/s)/N, Thrust Ratio (FR) tertinggi 4.515690702. Efisiensi Propulsi (P) tertinggi 43.9489%, Efisiensi Thermal (T) tertinggi 49.46149%. Efisiensi Overall (O) tertinggi 17.69245% pada temperature 1400oK. Kata Kunci : Intercooler, High Pressure Compressor


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : Pandu Tri Hananto
NIM : 12050004
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024