ABSTRAK :
Efisiensi merupakan faktor penting dalam perkembangan kemajuan teknologi mesin turbofan untuk pesawat terbang. Oleh karena itu, diperlukan inovasi bagaimana cara meningkatkan efisiensi mesin turbofan agar mendapatkan performa efisiensi engine CFM56-3B-1 yang lebih baik yaitu mencari nilai Spesific Thrust (f/ṁ0) ,Spesific Fuel Consumption (S), Thrust Ratio (FR), Efisiensi Propulsi (P), Efisiensi Thermal (T), dan Efisiensi Overall (O) dengan asumsi engine menggunakan intercooler dan menggunakan perhitungan analisis termodinamika siklus real engine turbofan dan bantuan software PARA.
Didapatkan untuk Spesific Thrust (f/ṁ0) tertinggi pada Tt3 1200oK sebesar 274.93N/(kg/s) ,Spesific Fuel Consumption (S) terendah pada Tt3 1300oK sebesar 17.6(mg/s)/N, Thrust Ratio (FR) tertinggi pada Tt3 1200oK sebesar 4.51, Efisiensi Propulsi (P) tertinggi pada Tt3 1600oK sebesar 43.94%, Efisiensi Thermal (T) tertinggi pada Tt3 1200oK sebesar 49.46%, dan Efisiensi Overall (O) tertinggi pada Tt3 1400oK sebesar 17.69%.
Dari hasil perhitungan terhadap efisiensi turbofan engine, pengaruh temperatur output High pressure compressor sangat mempengaruhi performa engine. Hasil yang didapatkan yaitu Spesific Thrust (f/mo) tertinggi 274.9330812 N/(kg/s). Spesific Fuel Consumption (S) terendah 17.6045 (mg/s)/N, Thrust Ratio (FR) tertinggi 4.515690702. Efisiensi Propulsi (P) tertinggi 43.9489%, Efisiensi Thermal (T) tertinggi 49.46149%. Efisiensi Overall (O) tertinggi 17.69245% pada temperature 1400oK.
Kata Kunci : Intercooler, High Pressure Compressor
|