© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Identifikasi Profil & Karakteristik Penumpang Garuda Indonesia Rute Yogyakarta-Jakarta
Penulis
YOSEP DWI SAPUTRA
Pembimbing : Yasrin Zabidi, S.T., M.T. - Yusa Asra Yuli W, S.T.,M.M.

ABSTRAK :
Perkembangan ilmu pengetahuan membawa pengaruh besar terhadap lingkungan secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi perilaku manusia. Perubahan lingkungan ini akan tercermin dalam perubahan selera konsumen terhadap jasa trasportasi udara. Di era globalisasi ini mendorong perusahaan untuk tidak sekedar menerapkan berbagai strategi, tetapi perusahaan juga harus melakukan pengawasan terhadap strategi yang telah dijalankan serta melakukan evaluasi secara terus menerus. Kini bermunculan perusahaan penerbangan baru, mereka datang untuk bersaing dalam bidang transportasi udara dengan berbagai macam cara dan promosi agar konsumen tertarik untuk menggunakan jasa penerbangannya. Salah satu cara yang digunakan dengan memberikan pelayanan yang diharapkan konsumen. Hal yang juga diperlukan oleh perusahaan penerbangan adalah mengetahui segmen pasar sehingga kita dapat mengetahui kebutuhan dan mengerti perilaku konsumen atau pengguna jasa tersebut. Berdasarkan hal diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Identifikasi Profil & Karakteristik Penumpang Garuda Indonesia Rute Yogyakarta-Jakarta “. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil konsumen, mengetahui karakteristik konsumen, dan mengelompokkan konsumen kedalam cluster tertentu. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis prosentase, analisis cluster, dan analisis crosstab. Dari hasil pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data diperoleh 3 kelompok (cluster) yang terbentuk yaitu : yang masuk kedalam cluster 1 adalah konsumen yang memperhatikan harga tiket, kemudian yang masuk kedalam cluster 2 adalah konsumen yang mengutamakan jadwal keberangkatan, jadwal tiba, pelayanan, kenyamanan, ketersediaan tiket, promosi, dan kondisi fisik, sedangkan yang masuk dalam cluster 3 adalah konsumen yang memperhatikan fasilitas dan kebersihan. Konsumen yang terbanyak yaitu pada cluster 2 berjumlah 324 responden. Sedangkan prosentase dari profil konsumen yang dominan adalah jenis kelamin lebih banyak pria yaitu 426 responden (55 %), dengan status sudah menikah yaitu 495 responden (58.93 %), berusia diatas 32 sampai dengan 39 tahun yaitu 346 responden (41.2 %), pendidikan universitas yaitu 630 responden (75 %), pekerjaan sebagai wiraswasta yaitu 279 responden (33.2 %), dengan pengeluaran >Rp 2.000.000/bln yaitu 451 responden (53.7 %). Kata kunci : (Cluster, Crosstab, Prosentase, Karakteristik)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : YOSEP DWI SAPUTRA
NIM : 02050095
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024