ABSTRAK :
Perkembangan ilmu pengetahuan membawa pengaruh besar terhadap
lingkungan secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi perilaku
manusia. Perubahan lingkungan ini akan tercermin dalam perubahan selera
konsumen terhadap jasa trasportasi udara. Di era globalisasi ini mendorong
perusahaan untuk tidak sekedar menerapkan berbagai strategi, tetapi perusahaan
juga harus melakukan pengawasan terhadap strategi yang telah dijalankan serta
melakukan evaluasi secara terus menerus. Kini bermunculan perusahaan
penerbangan baru, mereka datang untuk bersaing dalam bidang transportasi
udara dengan berbagai macam cara dan promosi agar konsumen tertarik untuk
menggunakan jasa penerbangannya. Salah satu cara yang digunakan dengan
memberikan pelayanan yang diharapkan konsumen. Hal yang juga diperlukan
oleh perusahaan penerbangan adalah mengetahui segmen pasar sehingga kita
dapat mengetahui kebutuhan dan mengerti perilaku konsumen atau pengguna
jasa tersebut.
Berdasarkan hal diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian
dengan judul “ Identifikasi Profil & Karakteristik Penumpang Garuda Indonesia
Rute Yogyakarta-Jakarta “. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
profil konsumen, mengetahui karakteristik konsumen, dan mengelompokkan
konsumen kedalam cluster tertentu. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis prosentase, analisis cluster, dan analisis crosstab.
Dari hasil pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data
diperoleh 3 kelompok (cluster) yang terbentuk yaitu : yang masuk kedalam cluster
1 adalah konsumen yang memperhatikan harga tiket, kemudian yang masuk
kedalam cluster 2 adalah konsumen yang mengutamakan jadwal keberangkatan,
jadwal tiba, pelayanan, kenyamanan, ketersediaan tiket, promosi, dan kondisi
fisik, sedangkan yang masuk dalam cluster 3 adalah konsumen yang
memperhatikan fasilitas dan kebersihan. Konsumen yang terbanyak yaitu pada
cluster 2 berjumlah 324 responden. Sedangkan prosentase dari profil konsumen
yang dominan adalah jenis kelamin lebih banyak pria yaitu 426 responden (55
%), dengan status sudah menikah yaitu 495 responden (58.93 %), berusia diatas
32 sampai dengan 39 tahun yaitu 346 responden (41.2 %), pendidikan universitas
yaitu 630 responden (75 %), pekerjaan sebagai wiraswasta yaitu 279 responden
(33.2 %), dengan pengeluaran >Rp 2.000.000/bln yaitu 451 responden (53.7 %).
Kata kunci : (Cluster, Crosstab, Prosentase, Karakteristik)
|