© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

EFISIENSI NILAI THRUST ENGINE ROLL ROYCE SPEY 555-15 PADA PESAWAT FOKKER 28
Penulis
WINDIARTI
Pembimbing : Drs. Agus Basukesti, MT - M. Ardi Cahyono, ST.MT

ABSTRAK :
Mesin tipe Spey 555-15 (Roll Royce) yang digunakan pada Fokker 28 merupakan jenis turbojet engine yang dilengkapi dengan by-pass duct. Engine ini menghasilkan thrust untuk menggerakkan pesawat. Dimana thrust (daya dorong) yang dihasilkannya adalah reaksi dari semburan gas buang pada exhaust nozzle dan sedikit efek aliran udara dari by-pass duct. Mengingat besarnya biaya operasional dan perawatan pesawat saat ini diperlukan solusi untuk meminimalisir biaya operasional armada yaitu dengan melakukan usaha optimalisasi thrust. Sehingga diperoleh nilai thrust yang efisien Usaha optimalisasi thrust ini dapat dilakukan dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi produksi thrust. Adapun beberapa faktor utama yang mempengaruhi nilai thrust antara lain : fuel consumption, engine rpm dan altitude. Baik saat take off maupun climb, cruising dan landing. Oleh karena itu, penulis mencoba lebih dalam untuk mengkaji dan menganalisa dengan menggunakan program computer dalam perhitungan nilai thrust untuk beberapa variasi fuel consumption, engine rpm dan altitude. Dari hasil perhitungan akan tercapai efisiensi kerja engine dengan fuel consumption yang efisien. Sehingga didapatkan nilai thrust yang paling optimal dengan fuel consumption dan engine rpm yang efisien. (kata kunci : fuel consumption, engine rpm, altitude)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : WINDIARTI
NIM : 02050087
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024