ABSTRAK :
Mesin tipe Spey 555-15 (Roll Royce) yang digunakan pada Fokker 28
merupakan jenis turbojet engine yang dilengkapi dengan by-pass duct. Engine ini
menghasilkan thrust untuk menggerakkan pesawat. Dimana thrust (daya dorong)
yang dihasilkannya adalah reaksi dari semburan gas buang pada exhaust nozzle
dan sedikit efek aliran udara dari by-pass duct. Mengingat besarnya biaya
operasional dan perawatan pesawat saat ini diperlukan solusi untuk
meminimalisir biaya operasional armada yaitu dengan melakukan usaha
optimalisasi thrust. Sehingga diperoleh nilai thrust yang efisien
Usaha optimalisasi thrust ini dapat dilakukan dengan melihat faktor-faktor
yang mempengaruhi produksi thrust. Adapun beberapa faktor utama yang
mempengaruhi nilai thrust antara lain : fuel consumption, engine rpm dan
altitude. Baik saat take off maupun climb, cruising dan landing. Oleh karena itu,
penulis mencoba lebih dalam untuk mengkaji dan menganalisa dengan
menggunakan program computer dalam perhitungan nilai thrust untuk beberapa
variasi fuel consumption, engine rpm dan altitude.
Dari hasil perhitungan akan tercapai efisiensi kerja engine dengan fuel
consumption yang efisien. Sehingga didapatkan nilai thrust yang paling optimal
dengan fuel consumption dan engine rpm yang efisien.
(kata kunci : fuel consumption, engine rpm, altitude)
|