ABSTRAK :
Perubahan temperatur dan tekanan pada berbagai tempat (ambient) serta
kecepatan pesawat terbang itu sendiri akan mempengaruhi kinerja dari engine
turboprop TP400-D6 seperti specific thrust, power spesifik, specific fuel
consumption, perbandingan bahan bakar terhadap udara, serta efisiensi
keseluruhannya. Choked adalah suatu kondisi gas turbin exhaust nozzle yang
membatasi kecepatan aliran gas buang yang melalui exhaust nozzle. Sedangkan
Unchoked merupakan batas bawah kecepatan aliran maximum gas buang yang
melalui exhaust nozzle.
Dalam melakukan analisis ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya
pengaruh aliran udara pada kondisi choked dan unchoked terhadap performa engine
Rolls-Royce TP400-D6 dan untuk mengatahui perbandingan nilai specific fuel
consumption ( sfc ) pada ketinggian tertentu pada kecepatan yang bervariasi dan
juga mengetahui nilai efisiensi dari tiap-tiap kondisi pada aliran choked dan
unchoked.
Terjadinya aliran udara pada kondisi choked dan unckoked sangatlah
berpengaruh pada nilai perbandingan tekanan total terhadap tekanan ambient
dikarenakan untuk menambah kecepatan hingga maksimal, seorang perancang
engine khususnya turboprop harus melihat dari segi kemampuan untuk mencapai
ketinggian tertentu. Dengan mengetahui aliran udara pada kondisi choked dan
unchoked dapat diketahui seberapa batasan kemampuan engine untuk melakukan
kinerjanya pada kecepatan yang diinginkannya antara lain batasan dalam
penghematan bahan bakar yang digunakan.
Kata Kunci : Choked, Unchoked, Specific Fuel Consumption, specific thrust
|