© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH HIGH PRESSURE TURBINE BLADE TIP CLEARANCE TERHADAP EXHAUST GAS TEMPERATURE MARGIN PADA ENGINE CFM56-3C1 (Studi Kasus di PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia, Jakarta)
Penulis
PUJI PRASETIYO HARJANTO
Pembimbing : Drs. Sukoco, MPd, MT - Ir. Djarot Wahyu S, MT

ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi antara dimensi High Pressure Turbine Blade Tip Clearance (J05) terhadap hasil nilai batas temperatur gas buang atau EGT Margin pada saat engine dilakukan perawatan, sehingga didapatkan suatu panduan pada saat melakukan perawatan engine dalam menentukan Blade Tip Clearance khususnya pada Turbine Blade engine CFM56-3C1, agar kondisi operasional engine, temperatur gas buangnya tidak sampai melebihi batas yang berakibat pada rendahnya nilai margin dan reliability engine tersebut. Metode penelitian menggunakan statistik dengan SPSS versi 12 dengan menggunakan sampel penelitian 35 nomor seri engine dari populasi seluruh engine type CFM56-3C1 yang dipakai sebagai tenaga penggerak pada pesawat Boeing 737-300/-400/-500 dan analisis data dengan deskriptif persentase dari sampel engine yang pernah dirawat di Engine Shop PT Garuda Maintenance Facility pada tahun 2004 hingga tahun 2006. Hasil penelitian menyatakan apabila High Pressure Turbine Blade Tip Clearance (j05) besar maka EGT Marginnya kecil, sebaliknya bila High Pressure Turbine Blade Tip Clearance (j05) kecil EGT Marginnya lebih maximal. Secara tidak langsung High Pressure Turbine Blade Tip Clerarance mempengaruhi terhadap pemakaian bahan bakar yang menyebabkan kenaikan EGT dan sebagai akibatnya adalah rendahnya EGT Margin. Pengaruh yang diberikan oleh High Pressure Turbine Blade Tip Clearance (j05) terhadap EGT Margin sebesar 21,7 % (cukup) sedangkan 78,3% masih banyak dipengaruhi oleh faktor lainnya. Prediksi untuk EGT Margin dimasa yang akan datang bila dilihat berdasarkan High Pressure Turbine Blade Tip Clearance banyak mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya terjadi kesalahan dalam mendesain Blade Tip Clearannya khususnya pada saat pelaksanaan proses grinding. Blade Tip Clearance adalah faktor tekhnis yang perlu diperhatikan oleh para teknisi khususnya dalam menentukan jarak ujung blade terhadap casingnya karena faktor ini dapat mempengaruhi faktor yang lainnya khususnya dalam prediksi EGT Margin. Kata Kunci : High Pressure Turbine Blade Tip Clearance, EGT, dan EGT Margin


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : PUJI PRASETIYO HARJANTO
NIM : 02050021
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024