ABSTRAK :
Engine PT6A-50 adalah engine pesawat terbang jenis Turboprop,
diproduksi oleh Pratt and Whitney Kanada. Engine ini digunakan pada pesawat
DASH-7. Karena melihat keadaan alam di Indonesia dan demi memperoleh
keamanan dan kenyamanan pesawat untuk observasi dan jangkauan yang tidak
jauh, maka perusahaan akan lebih memilih pesawat DASH 7. Salah satu
perusahaan yang menggunakan pesawat ini adalah PERTAMINA. Perusahaan
lebih memilih tipe pesawat dengan jenis engine turboprop karena memiliki
kemampuan yang tangguh serta kehandalannya. Keunggulan dan fungsi dari
pesawat DASH 7 antara lain; terbang dengan kecepatan yang sangat rendah
sehingga cocok jika digunakan sebagai pesawat observasi, pesawat ini juga dapat
landing dan take off dengan landasan yang pendek sehingga dapat menjangkau
tempat-tempat terpencil
Dengan adanya reduksi gearbox pada engine turboprop ini maka perlu
dilakukan analisa perhitungan secara matematis untuk mengetahui efisiensi dari
reduksi gearboxnya pada mesin tersebut. Metode yang digunakan, salah satunya
melalui pengumpulan dan pengasumsian data mesin dan kemudian dilakukan
perhitungan dengan perubahan ratio reduksi gear boxnya mencari kinerja yang
bagus(efisiensi propulsi propeller, thrust yang dihasilkan propeller). Adapun datadata
parameter yang telah ditentukan yaitu Mach Number, kecepatan awal, dan
lain-lainnya. Dengan mengetahui data parameter tersebut maka dapat digunakan
sebagai analisis untuk menghitung besarnya Efisiensi propulsi propeller, dan
menentukan keefisiensian dari propeller tersebut.
Dari hasil perhitungan dan pembahasan mengenai ratio reduksi gear box
akan diperoleh beberapa nilai efisiensi propulsi propeller berdasarkan perubahan
rationya, sasarannya adalah bagaimana pengaruh terhadap thrust dan kinerja
engine. Pada kondisi mana ratio reduksi gearbox pada mesin pesawat dengan tipe
turboprop jenis PT6A-50 ini akan mampu berfungsi dengan baik. Selain itu untuk
mendapatkan analisa keseluruhan performa dari perubahan ratio gearbox tersebut
akan dianalisa ulang dengan menggunakan software PARA v4.0
Kata Kunci : Mach Number, Efisiensi propulsi propeller, Thrust.
|