© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS RATIO REDUKSI GEARBOX TERHADAP EFISIENSI PROPULSI PROPELLER PADA MESIN PT6A-50
Penulis
MUHAMMAD SHADIK
Pembimbing : Drs. Sukoco MPd, M.T - Yusa Asra Y.W.,ST.,MM.

ABSTRAK :
Engine PT6A-50 adalah engine pesawat terbang jenis Turboprop, diproduksi oleh Pratt and Whitney Kanada. Engine ini digunakan pada pesawat DASH-7. Karena melihat keadaan alam di Indonesia dan demi memperoleh keamanan dan kenyamanan pesawat untuk observasi dan jangkauan yang tidak jauh, maka perusahaan akan lebih memilih pesawat DASH 7. Salah satu perusahaan yang menggunakan pesawat ini adalah PERTAMINA. Perusahaan lebih memilih tipe pesawat dengan jenis engine turboprop karena memiliki kemampuan yang tangguh serta kehandalannya. Keunggulan dan fungsi dari pesawat DASH 7 antara lain; terbang dengan kecepatan yang sangat rendah sehingga cocok jika digunakan sebagai pesawat observasi, pesawat ini juga dapat landing dan take off dengan landasan yang pendek sehingga dapat menjangkau tempat-tempat terpencil Dengan adanya reduksi gearbox pada engine turboprop ini maka perlu dilakukan analisa perhitungan secara matematis untuk mengetahui efisiensi dari reduksi gearboxnya pada mesin tersebut. Metode yang digunakan, salah satunya melalui pengumpulan dan pengasumsian data mesin dan kemudian dilakukan perhitungan dengan perubahan ratio reduksi gear boxnya mencari kinerja yang bagus(efisiensi propulsi propeller, thrust yang dihasilkan propeller). Adapun datadata parameter yang telah ditentukan yaitu Mach Number, kecepatan awal, dan lain-lainnya. Dengan mengetahui data parameter tersebut maka dapat digunakan sebagai analisis untuk menghitung besarnya Efisiensi propulsi propeller, dan menentukan keefisiensian dari propeller tersebut. Dari hasil perhitungan dan pembahasan mengenai ratio reduksi gear box akan diperoleh beberapa nilai efisiensi propulsi propeller berdasarkan perubahan rationya, sasarannya adalah bagaimana pengaruh terhadap thrust dan kinerja engine. Pada kondisi mana ratio reduksi gearbox pada mesin pesawat dengan tipe turboprop jenis PT6A-50 ini akan mampu berfungsi dengan baik. Selain itu untuk mendapatkan analisa keseluruhan performa dari perubahan ratio gearbox tersebut akan dianalisa ulang dengan menggunakan software PARA v4.0 Kata Kunci : Mach Number, Efisiensi propulsi propeller, Thrust.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD SHADIK
NIM : 02050063
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024