ABSTRAK :
Kompresor aksial terdiri dari sederetan rotor dan stator yang berbentuk
airfoil, maka salah satu masalah yang ditimbulkan oleh aliran udara adalah adanya
stall. Stall adalah rusaknya aliran udara yang melalui sudu-sudu kompresor sehingga
menyebabkan berkurangnya DP (peningkatan tekanan) pada kompresor aksial.
Masalah stall akan mempengaruhi operasional mesin secara keseluruhan, apakah
selanjutnya mesin akan beroperasi normal atau justru terganggu. Hal ini dikarenakan
kompresor merupakan komponen yang pertama menerima dan mengolah aliran udara
yang merupakan unsur penting dalam mendukung beroperasinya siklus kerja mesin.
Penyebab-penyebab terjadinya stall adalah jika kecepatan mesin diturunkan lebih
rendah dari kecepatan perancangan (design speed), temperatur saluran masuk
kompresor (compressor inlet ) yang terlalu tinggi, kondisi penurunan kecepatan aliran
udara tanpa segera diikuti perubahan rpm mesin, kondisi peningkatan rpm mesin
tanpa segera diikuti perubahan kecepatan aliran udara, dan endapan (deposit) pada
kompresor.
Pada uji engine spey MK 555-15H, dari hasil koreksi test cell diperoleh grafik
IGV position dan N2 correction, dan grafik IGV position dan Xg correction. Dari
grafik- grafik tersebut dapat dilihat terjadinya fenomena stall pada kompresor aksial,
dimana IGV position digunakan sebagai indikator terjadinya stall yaitu terdiri dari
angka negatif yang menunjukkan tidak terjadi stall dan angka positif menunjukkan
terjadinya stall. Dengan adanya masalah stall perlu dilakukan penanggulangan berupa
mengurangi atau memperkecil sudut serang airfoil sudu-sudu kompresor tingkat
depan (front stages), memasang sebuah katup pembuangan (bleed valve) pada bagian
rangkaian sudu kompresor bagian belakang atau tengah, membagi kompresor menjadi
dua bagian dengan putaran yang berbeda (two spool compressor) yang mana
keduanya tidak memiliki hubungan secara mekanis, memasang inlet guide vanes yang
dapat berubah sudutnya (variable guide vane) pada bagian depan kompresor dan
diikuti dengan memasang sudu-sudu stator berjenis sama pada tingkat-tingkat awal
(first stage), menggunakan saluran pembuangan mesin (exhaust nozzle) yang dapat
diatur lebar salurannya sehingga dapat mengurangi beban kompresor selama proses
percepatan mesin, dan endapan pada kompresor dapat dihilangkan dengan mencuci
kompresor (compressor wash ) pada setiap pemeliharaan berkala yang ditentukan.
Kata k unci: airfoil, kompresor, engine spey, rotor, stall.
|