ANALISA KEANDALAN ENGINE CFM 56-3C-1
MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISTRIBUSI WEIBULL
PADA PT. GARUDA INDONESIA |
Penulis IRWAN HIDAYAT
Pembimbing : Ir. Suyitmadi, MT. - Didik Prihananto, ST.
|
ABSTRAK :
Karakteristik dunia penerbangan selalu mengutamakan pada keselamatan (safety), maka diperlukan perawatan yang ekstra terhadap komponen-komponen pesawat yang menjadi ujung tombak dalam industri ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa prestasi sistem pesawat berdasarkan failure rate (laju kegagalan) suatu sistem pesawat, yang dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui tingkat kegagalan suatu fungsi sistem sehingga lebih memudahkan untuk mengetahui sejauh mana keandalan (reliability) sistem tersebut dalam mengoptimalkan maintenance program. Sistem yang dimakasud adalah engine CFM56-3C-1 yang digunakan pada pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 737 series.
Metode yang digunakan dalam analisa ini adalah menggunakan pendekatan distribusi Weiibull. Penelitian dilakukan berdasarkan Engine Data Records untuk jenis engine CFM56-3C-1 periode Januari 2000 sampai Desember 2006.
Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan terhadap reliability engine CFM56-3C-1 periode Januari 2000 sampai dengan Desember 2006, didapatkan beberapa kesimpulan antara lain yaitu terdapatnya kegagalan pada usia dini dan Laju kegagalan semakin tinggi pada saat usia pemakaian tinggi atau pada batas pemakaian engine (wear-out failure).
Kata kunci : Perawatan, distribusi Weibull, keandalan dan laju kegagalan.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: IRWAN HIDAYAT |
|
NIM |
: 02050075 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|