ABSTRAK :
Dewasa ini metode elemen hingga telah banyak digunakan untuk
menyelesaikan persoalan mekanika teknik, perpindahan panas, getaran, mekanika
fluida, dan sebagainya. Analisis tegangan pada sayap pesawat latih T 34C-1
Charlie menggunakan metode elemen hingga dengan CATIA bertujuan untuk
menentukan beban yang terjadi pada sayap pesawat latih T34C-1 Charlie,
melakukan pemodelan elemen hingga dengan program CATIA dan menganalisis
tegangan dengan program CATIA untuk mengetahui distribusi tegangan kritis
atau maksimum pada sayap tersebut.
Metode yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan metode elemen
hingga yang diidentikan dengan pemodelan elemen hingga dimana sayap
dimodelkan dalam perangkat lunak CATIA mulai dari pemodelan rib, spar, skin
dan stringers kemudian proses penggabungan antar komponen, penerapan syarat
batas untuk material yang digunakan pada sayap. Pada penelitian ini sayap
dimodelkan dalam tiga model yaitu untuk model satu sayap dimodelkan dengan
spar dan ribs, untuk model dua sayap dimodelkan dengan spar, ribs dan skin,
sedangkan untuk model ketiga sayap dimodelkan dengan spar, ribs, skin dan
beberapa stringers. Setelah ketiga model dibuat dan diberikan beban yang telah
ditentukan, kemudian dianalisis dengan menggunakan program CATIA untuk
mengetahui hasil tegangan normal pada masing-masing model.
Hasil analisis yang dilakukan dengan program CATIA untuk model satu
didapat hasil tegangan normal maksimum sebesar 8.43 MPa, untuk model dua
hasil tegangan normal maksimumnya sebesar 6.79 MPa, sedangkan pada model
ketiga hasil tegangan normalnya sebesar 6.33 MPa. Dari ketiga model yang
dibuat, model ketiga merupakan model yang mendekati sayap pesawat latih
T34C-1 Charlie, karena pada model ketiga mempunyai komponen penyusun
sayap yang cukup lengkap (spar, ribs, skin dan stringers).
( kata kunci : definisi beban, tegangan, catia analysis)
|