ABSTRAK :
Suatu analisa kekuatan struktur pesawat akan dapat dilakukan apabila
kita mengetahui tipe atau jenis-jenis load yang akan diterima pesawat pada saat
di ground ataupun pada saat terbang. Karena dengan mengetahui jenis load
(beban) tersebut, kita akan dapat menganalisa kekuatan struktur dari pesawat,
sehingga kita dapat memberikan justifikasi kalau pesawat tersebut aman. Suatu
structure haruslah mampu untuk mensuport limit load yang dibebankan tanpa
terjadi kerusakan atau deformasi secara permanen. Dengan pembebanan
tersebut, tingkat deformasi yang akan terjadi diharapkan tidak akan mengganggu
jalannya pengoperasian (penerbangan). Dan structure tersebut haruslah mampu
untuk mensuport ultimate load, tanpa terjadi kegagalan, minimal dalam waktu 3
detik, dan salah satu kasus yang terjadi ialah Emergency Landing.
Metode yang digunakan ialah Metode Elemen Hingga (MEH) dengan
meggunakan MSC Patran / Nastran sebagai program untuk pemodelan dan
analisa. Model wing box tersebut memiliki beberapa elemen pembentuk, yaitu
Skin, web, stringer, cap (fillet), upright dan flange. Pada kasus emergency
landing ada beberapa tipe pembebanan yang diberikan, yaitu case 1 untuk 1,5G
kearah y positive ( kanan), case 2 untuk 3G dalam arah Z positive (atas) dan case
3 untuk x negative (kearah depan). Dengan beban yang digunakan ialah beban
struktur dan beban 80% dari total fuel.
Setelah dilakukan analisa, dan diketahui nilai tegangan maksimum pada
tiap case, dapat ditarik kesimpulan bahwa elemen-elemen pada wing box masih
mampu untuk mensuport bila terjadi kasus emergency landing. Ini dilihat dari
nilai Margin of Safety pada perhitungan tegangan maksimum tersebut, baik
untuk elemen C-QUAD4 maupun elemen C-BAR. Dengan case 9G (kasus
pembebanan yang maksimum), untuk elemen C-QUAD4 dengan nilai MS
2,109194 yaitu pada bagian Rear Spar di rib section 978 – 1442, elemen ID
4202403, dan pada elemen C-BAR dengan nilai MS 0,875273 yaitu pada bagian
spar cap lower di posisi Rib -1442 elemen ID ID 2203058.
( kata kunci : emergency landing, metode elemen hingga, patran / nastran, margin
of safety)
|