© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS TEGANGAN WING BOX PESAWAT NC-212-200 PADA BEBAN EMERGENCY LANDING
Penulis
HENDRIX NOVIYANTO FIRMANSYAH
Pembimbing : Yusa Asra Yuli W, ST., MM - Ir. Djarot Wahju Santoso , MT

ABSTRAK :
Suatu analisa kekuatan struktur pesawat akan dapat dilakukan apabila kita mengetahui tipe atau jenis-jenis load yang akan diterima pesawat pada saat di ground ataupun pada saat terbang. Karena dengan mengetahui jenis load (beban) tersebut, kita akan dapat menganalisa kekuatan struktur dari pesawat, sehingga kita dapat memberikan justifikasi kalau pesawat tersebut aman. Suatu structure haruslah mampu untuk mensuport limit load yang dibebankan tanpa terjadi kerusakan atau deformasi secara permanen. Dengan pembebanan tersebut, tingkat deformasi yang akan terjadi diharapkan tidak akan mengganggu jalannya pengoperasian (penerbangan). Dan structure tersebut haruslah mampu untuk mensuport ultimate load, tanpa terjadi kegagalan, minimal dalam waktu 3 detik, dan salah satu kasus yang terjadi ialah Emergency Landing. Metode yang digunakan ialah Metode Elemen Hingga (MEH) dengan meggunakan MSC Patran / Nastran sebagai program untuk pemodelan dan analisa. Model wing box tersebut memiliki beberapa elemen pembentuk, yaitu Skin, web, stringer, cap (fillet), upright dan flange. Pada kasus emergency landing ada beberapa tipe pembebanan yang diberikan, yaitu case 1 untuk 1,5G kearah y positive ( kanan), case 2 untuk 3G dalam arah Z positive (atas) dan case 3 untuk x negative (kearah depan). Dengan beban yang digunakan ialah beban struktur dan beban 80% dari total fuel. Setelah dilakukan analisa, dan diketahui nilai tegangan maksimum pada tiap case, dapat ditarik kesimpulan bahwa elemen-elemen pada wing box masih mampu untuk mensuport bila terjadi kasus emergency landing. Ini dilihat dari nilai Margin of Safety pada perhitungan tegangan maksimum tersebut, baik untuk elemen C-QUAD4 maupun elemen C-BAR. Dengan case 9G (kasus pembebanan yang maksimum), untuk elemen C-QUAD4 dengan nilai MS 2,109194 yaitu pada bagian Rear Spar di rib section 978 – 1442, elemen ID 4202403, dan pada elemen C-BAR dengan nilai MS 0,875273 yaitu pada bagian spar cap lower di posisi Rib -1442 elemen ID ID 2203058. ( kata kunci : emergency landing, metode elemen hingga, patran / nastran, margin of safety)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : HENDRIX NOVIYANTO FIRMANSYAH
NIM : 03050097
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024