© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS DEFLEKSI STRUKTUR WING-BOX PESAWAT KT-1B
Penulis
EKO PRASETYO WAHYU WIBOWO
Pembimbing : Drs. Sukoco, MPd. MT - Ir. Djarot Wahju Santoso , MT

ABSTRAK :
Analisa yang dilakukan bertujuan untuk mencari nilai dari momen, gaya dan beban yang bekerja pada struktur wing-box pesawat KT-1B yang akan menimbulkan defleksi. Jika diketahui nilai-nilai tersebut maka tingkat kelelahan pada struktur wing-box (Fatique) dapat ditekan sehingga dapat memperkirakan seberapa besar load yang harus dibawa berupa barang, penumpang dan bahan bakar. Analisa dilakukan menggunakan metode observasi berupa studi literatur, pengukuran langsung pada wing pesawat KT-1B yang berada di SKATEK 043 Adisutjipto dan diskusi dengan sumber-sumber yang telah memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi pesawat terbang serta wawancara dengan dosen pembimbing maupun kepada dosen yang berkompeten tentang judul skripsi yang dibuat.Nilai momen terbesar terdapat distation 740 yaitu sebesar 451246068,2 Nmm dan semakin ke bagian wing-tip nilai momen karena gaya angkat maupun nilai momen inersianya semakin mengecil sehingga kekuatan untuk menahan gaya angkat semakin mengecil. Sedangkan nilai sudut defleksi terbesarnya terdapat di station 4900 yaitu sebesar 0,01602 rad, karena distation ini kemampuan struktur untuk menahan beban dari gaya angkat kecil sehingga didapat nilai dari defleksi maksimumnya (Ymax) adalah sebesar 66,64 mm atau sekitar 6,66 cm. Kata kunci : wing-box, momen, gaya angkat, defleksi.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : EKO PRASETYO WAHYU WIBOWO
NIM : 02050057
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024