ABSTRAK :
Analisa yang dilakukan bertujuan untuk mencari nilai dari momen, gaya dan
beban yang bekerja pada struktur wing-box pesawat KT-1B yang akan
menimbulkan defleksi. Jika diketahui nilai-nilai tersebut maka tingkat kelelahan
pada struktur wing-box (Fatique) dapat ditekan sehingga dapat memperkirakan
seberapa besar load yang harus dibawa berupa barang, penumpang dan bahan
bakar.
Analisa dilakukan menggunakan metode observasi berupa studi literatur,
pengukuran langsung pada wing pesawat KT-1B yang berada di SKATEK 043
Adisutjipto dan diskusi dengan sumber-sumber yang telah memiliki pengalaman
dalam bidang konstruksi pesawat terbang serta wawancara dengan dosen
pembimbing maupun kepada dosen yang berkompeten tentang judul skripsi yang
dibuat.Nilai momen terbesar terdapat distation 740 yaitu sebesar 451246068,2
Nmm dan semakin ke bagian wing-tip nilai momen karena gaya angkat maupun
nilai momen inersianya semakin mengecil sehingga kekuatan untuk menahan gaya
angkat semakin mengecil. Sedangkan nilai sudut defleksi terbesarnya terdapat di
station 4900 yaitu sebesar 0,01602 rad, karena distation ini kemampuan struktur
untuk menahan beban dari gaya angkat kecil sehingga didapat nilai dari defleksi
maksimumnya (Ymax) adalah sebesar 66,64 mm atau sekitar 6,66 cm.
Kata kunci : wing-box, momen, gaya angkat, defleksi.
|