© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH EKSENTRISITAS PADA PROSES PEMASANGAN HIGH PRESSURE TURBINE ROTOR TERHADAP PRODUK EGT MARGIN ENGINE CFM56-3C1 BOEING 737 - 400 (Studi kasus di PT. GMF Aero Asia, Jakarta)
Penulis
BAYU DHIKA ATMANINDRA
Pembimbing : Ir. Paryana Puspaputra, M. Eng - Ir. Djarot Wahju Santoso, MT

ABSTRAK :
Biaya perawatan engine pesawat mencakup separuh dari biaya perawatan pesawat secara keseluruhan sehingga perusahaan penyedia jasa penerbangan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk melakukan perawatan armadanya dengan harapan dapat mengembalikan performa dan daya pakai engine seoptimal mungkin sehingga dapat memberikan standar pelayanan yang berkualitas yaitu aman dan nyaman. Performa engine ini dipresentasikan sebagai Exhaust Gas Temperature Margin yaitu suatu parameter yang menentukan kelayakan kondisi operasional suatu engine. EGT margin ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah efek eksentrisitas yang terjadi pada high pressure turbine rotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari eksentrisitas pada pemasangan high pressure turbine rotor terhadap EGT margin dari 29 engine CFM56-3C1. Penelitian ini mengambil tempat di PT. GMF Aero Asia khususnya pada unit TRS-2 engine shop dengan metode pengamatan dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif, serta uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana dengan software SPSS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara eksentrisitas dan EGT Margin dengan arah hubungan berlawanan yang artinya apabila eksentrisitas semakin besar maka nilai EGT Margin akan mengalami penurunan, atau dengan kata lain setiap kenaikan nilai eksentrisitas akan memberikan kontribusi penurunan EGT Margin. Pengaruh eksentrisitas terhadap EGT Margin sebesar 23,2 % sedangkan sisanya 76,8 % dipengaruhi oleh faktor faktor lain diluar penelitian ini. Jumlah EGT margin terendah sebesar 21.98 %, tertinggi sebesar 44.32 % dan rata-ratanya sebesar 33.48 %. Produk EGT Margin yang dihasilkan oleh PT.GMF Aero Asia dari 29 engine mengalami fluktuasi tetapi cenderung akan mengalami peningkatan di masa yang akan datang. Kata kunci: High Pressure Turbine Rotor , Eksentrisitas , EGT margin


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : BAYU DHIKA ATMANINDRA
NIM : 02050044
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024