ABSTRAK :
Sebuah pesawat terbang di dalam pengoperasiannya harus ditunjang
dengan sistem perawatan (maintenance) yang baik pula. Efisien dan efektif.
Perawatan yang berlebihan dan tidak perlu akan menimbulkan pemborosan dan
membuat semakin besar dana yang harus dibutuhkan. Maka dari itu sistem
perawatan yang baik menjadi mutlak dilakukan dalam menjaga dan
mempertahankan fungsi asset perusahaan agar dapat memberikan keuntungan.
Dalam sebuah penulisan skripsi ini berisi tentang (maintenance cost)
dalam satu siklus perawatan besar (overhoul) berdasarkan manhours pada
pesawat A330-341 milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Dari proses
evaluasi tersebut nantinya akan terlihat jumlah manhours dan biaya yang
dibutuhkan dalam melakukan perawatan sampai pesawat tersebut mengalami
perawatan besar atau overhoul ( D Check ). Dan dari total manhours itu akan
dibuat sebuah planing cost selanjutnya.
Penulis mengumpulkan dari beberapa literatur diperpustakaan GMF
AeroAsia maupun perpustakaan STTA juga didukung dari narasumber yang
kompeten. Analisis dan perhitungan data jumlah manhours dilakukan setelah
penulis melakukan beberapa langkah-langkah seperti : peninjauan langsung ke
xvii
GMF AeroAsia unit Maintenance Engineering, mengumpulkan beberapa buku
referensi dan wawancara dengan beberapa karyawan GMF AeroAsia yang
menangani data record perawatan pesawat A330-34.
Kata Kunci : Manhours, Maintenance Program, Overhoul
|