© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS TEGANGAN PADA SAYAP PESAWAT KT-1B SECARA TEORITIS
Penulis
AGUNG PARJONO
Pembimbing : Yusa Asra Yuli W. ST.,MM - Ir. Djarot Wahju S., MT

ABSTRAK :
Sayap merupakan komponen yang penting bagi pesawat terbang, karena sayap adalah komponen utama penghasil gaya angkat atau lift yang sangat dibutuhkan pada saat terbang. Selain berfungsi sebagai penghasil gaya angkat sayap juga berfungsi sebagai penahan beban pesawat pada saat pesawat melakukan penerbangan maupun saat berada di landasan. Untuk mengetahui besarnya beban yang diterima sayap pesawat KT-1B maka dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode schrenk. Distribusi beban yang diperoleh dari perhitungan ini adalah berupa distribusi beban secara aerodinamis. Beban ini dihasilkan dari perhitungan distribusi gaya angkat sepanjang sayap kemudian dikurangi dengan massa bahan bakar dan landing gear. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa beban yang paling besar terdapat pada seksi 2 yaitu sebesar 1423,863 N. Hasil perhitungan ini akan dijadikan dasar dalam menentukan tegangan. Setelah dilakukan perhitungan mengenai tegangan, maka dapat diketahui bahwa secara keseluruhan sayap pesawat KT-1B mengalami tegangan yang bervariasi besarnya. Tegangan maksimum pada flange spar terdapat pada seksi 17 sebesar -339,87 MPa. Sedangkan tegangan maksimum pada stringer terdapat pada seksi 17 sebesar -282,104 MPa. Kata kunci : sayap, beban, tegangan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : AGUNG PARJONO
NIM : 02050077
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024