ABSTRAK :
Transportasi merupakan salah satu permasalahan pokok dalam
kehidupan. Dalam usaha transportasi, pelayanan merupakan komponen utama.
Kualitas layanan pada suatu perusahaan, dapat dijadikan ukuran kemajuan/
perkembangan dari suatu perusahaan. Quality Function Deployment (QFD)
merupakan salah satu metode pengembangan kualitas yang mengutamakan suara
konsumen (voice of customer), dan juga kerja tim. Metode ini bertujuan untuk
mengetahui kebutuhan konsumen guna merumuskan strategi perusahaan, demi
kemajuan dan perkembangan perusahaan.
Usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada PO. RP JAYA
dimulai dengan melakukan survey guna mengetahui kebutuhan konsumen yang
nantinya akan diterjemahkan kedalam bahasa teknik. Langkah selanjutnya adalah
menentukan tingkat kepentingan dari kebutuhan tersebut, yang dilanjutkan
dengan mencari hubungan antara kebutuhan dengan karakteristik teknik. Setelah
kita ketahui hubungannya, maka kita mencari karakteristik layanan pesaing dan
kemudian membandingkannya. Langkah terakhir adalah menentukan prioritas
pengembangan berdasarkan hasil perhitungan matrik QFD
Dari hasil pengumpulan data, didapat 14 (empat belas) macam kebutuhan
konsumen, berikut tingkat kepentingannya. Secara umum, tingkat pelayanan dari
PO. RP JAYA dengan salah satu perusahaan pesaingnya adalah sama, hanya
beberapa komponen penilaian yang berbeda, tetapi perbedaannya tidak begitu
berarti. Selanjutnya, telah terbentuk pula 18 (delapan belas) karakteistik teknik
yang mencakup 5 (lima) dimensi kualitas.
Setelah dilakukan pengumpulan, pengolahan serta analisis, maka
diperoleh tiga (3) strategi pengembangan, yaitu pengembangan prioritas
pertama, pengembangan prioritas ke dua, dan pengembangan prioritas ke tiga.
Pprioritas pengembangan tersebut merupakan hasil dari matrik House Of Quality
(HOQ).
Kata kunci
: Quality Function Deployment, HOQ, karakteristik teknik,
pelayanan, kualitas.
|