© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

PENGEMBANGAN JAMINAN KUALITAS PELAYANAN PADA PO. RP JAYA DENGAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT)
Penulis
SUSILO WIDI NUGROHO
Pembimbing : - - -

ABSTRAK :
Transportasi merupakan salah satu permasalahan pokok dalam kehidupan. Dalam usaha transportasi, pelayanan merupakan komponen utama. Kualitas layanan pada suatu perusahaan, dapat dijadikan ukuran kemajuan/ perkembangan dari suatu perusahaan. Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu metode pengembangan kualitas yang mengutamakan suara konsumen (voice of customer), dan juga kerja tim. Metode ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan konsumen guna merumuskan strategi perusahaan, demi kemajuan dan perkembangan perusahaan. Usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada PO. RP JAYA dimulai dengan melakukan survey guna mengetahui kebutuhan konsumen yang nantinya akan diterjemahkan kedalam bahasa teknik. Langkah selanjutnya adalah menentukan tingkat kepentingan dari kebutuhan tersebut, yang dilanjutkan dengan mencari hubungan antara kebutuhan dengan karakteristik teknik. Setelah kita ketahui hubungannya, maka kita mencari karakteristik layanan pesaing dan kemudian membandingkannya. Langkah terakhir adalah menentukan prioritas pengembangan berdasarkan hasil perhitungan matrik QFD Dari hasil pengumpulan data, didapat 14 (empat belas) macam kebutuhan konsumen, berikut tingkat kepentingannya. Secara umum, tingkat pelayanan dari PO. RP JAYA dengan salah satu perusahaan pesaingnya adalah sama, hanya beberapa komponen penilaian yang berbeda, tetapi perbedaannya tidak begitu berarti. Selanjutnya, telah terbentuk pula 18 (delapan belas) karakteistik teknik yang mencakup 5 (lima) dimensi kualitas. Setelah dilakukan pengumpulan, pengolahan serta analisis, maka diperoleh tiga (3) strategi pengembangan, yaitu pengembangan prioritas pertama, pengembangan prioritas ke dua, dan pengembangan prioritas ke tiga. Pprioritas pengembangan tersebut merupakan hasil dari matrik House Of Quality (HOQ). Kata kunci : Quality Function Deployment, HOQ, karakteristik teknik, pelayanan, kualitas.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SUSILO WIDI NUGROHO
NIM : 02020018
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022