ABSTRAK :
Setiap perusahaan dalam perkembangnya akan selalu dihadapkan pada
lingkungan yang senantiasa berubah. Perubahan lingkungan memaksa
perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut, kemampuan
perusahaan dalam menanggapi perubahan lingkungan sangat menentukan
kelangsungan hidup perusahaan dengan memanfaatkan sumber daya yang
dimilikinya untuk menghadapi persaingan agar dapat mendorong perkembangan
suatu industri. Begitu juga dengan perusahaan Bintang Mulia Sokka, yang
merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan genteng kelas menengah
yang ada di kabupaten kebumen. Salah cara menghadapi persaingan dalam dunia
industri adalah dengan merumuskan strategi bersaing meliputi : misi dan tujuan,
analisis industri seperti penentuan karakteristik ekonomi utama, kekuatan
persaingan, posisi persaingan, srtategi yang digunakan dan analisis profit
perusahaan yang meliputi analisis kondisi pemasaran, keuangan, sumber daya
manusia produksi serta strategi. Berdasarkan analisis BCG matriks tingkat
pertumbuhan pasar sebesar 7,03 % pertahun, sedangkan bila dilihat dari pangsa
pasar relative adalah 1,23x sehingga dapat dikatakan posisi perusahaan genteng
Bintang Mulia Sokka berada pada posisi cash cow, maka pilihan strategi yang
diambil adalah mempertahankan kondisi yang sudah ada sambil meningkatkan
pertumbuhan, karena tingkat pertumbuhannya belum maksimal. Sedangkan
berdasarkan Matriks Daya Tarik Industri dapat diketahui bahwa posisi bisnis
Bintang Mulia Sokka berada pada sel 5 atau sel selektif, yaitu memiliki peluang
bisnis yang cukup walaupun tidak terlalu istimewa tetapi memungkinkan untuk
dikembangkan lebih lanjut. Adapun pilihan strategi untuk posisi ini adalah :
tumbuh berdasarkan segmen pasar, spesialisasi, dan investasi selektif .sedangkan
untuk posisi bisnis dimasa yang akan datang diharapkan perusahaan dapat
berada pada sel 2 yaitu memiliki peluang bisnis yang cukup dan disaat yang sama
memiliki kekuatan atau keunggulan bersaing yang jelas sehingga diperkirakan
perusahaan dapat terus berkembang. Untuk menghadapi kondisi dan posisi
perusahaan yang seperti ini sebaiknya memilih alternatif strategi tumbuh
berdasarkan segmen pasar, sehingga segmen pasar yang telah dimiliki tidak
diambil oleh pesaing. Kesimpulan yang didapat berdasarkan analisis SWOT
adalah mempertahankan kondisi stabilitas perusahaan, meningkatkan kualitas
produk, mengoptimalkan kinerja saluran distribusi, meninjau kembali penetapan
harga produk, serta mengadakan evalusi terhadap strategi sebelumnya dan sistem
manajemen.
|