© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

ANALISIS ANTRIAN GUNA MENINGKATKAN SISTEM PELAYANAN PADA PASIEN DI PUSKESMAS UMBULHARJO I YOGYAKARTA
Penulis
DWI INDAH SETYOWATI
Pembimbing : Yasrin Zabidi, S.T., M.T. - Gunawan, S.T., M.T.

ABSTRAK :
Antrian terjadi jika ada pasien yang sedang menunggu pelayanan padahal pada saat tersebut pelayanan juga sedang memberikan pelayanan kepada pasien yang lain, sehingga tidak dapat memberikan pelayanan pada saat itu juga. Masalah akan semakin rumit manakala jumlah pasien yang datang lebih besar dari pada jumlah pasien yang mampu dilayani system. Hal ini menyebabkan antrian menjadi semakin panjang dan pasienpun akan merasa bosan dan tidak puas atas pelayanan dari fasilitas yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat menentukan waktu menunggu dalam antrian yang minimal dengan jumlah loket yang optimal. Penelitian dilakukan selama 28 hari pada jam-jam sibuk yaitu antara pukul 07.30 – 10.30 WIB masing-masing pengamatan dibagi dalam perjamnya. Ratarata kedatangan pasien pukul 07.30 – 08.30 WIB adalah 47 pasien/jam, pukul 08.30 – 09.30 WIB adalah 46 pasien/jam. pukul 09.30 – 10.30 WIB adalah 22 pasien/jam. Sedangkan jumlah rata-rata pelayanan pasien pukul 07.30 – 08.30 WIB adalah 34 pasien/jam, pukul 08.30 – 09.30 WIB adalah 33 pasien/jam, dan pukul 09.30 – 10.30 WIB adalah 30 pasien/jam. Model antrian yang digunakan adalah single channel single phase dengan menggunakan model tingkat aspirasi. Setelah dilakukan perhitungan jumlah loket pendaftaran pada setiap periode jam sibuk memiliki jumlah loket pendaftaran yang berbeda sesuai dengan tingkat kesibukan yang terjadi. Periode 1 dan 2 Pukul 07.30 – 09.30 WIB jumlah loket pendaftaran pasien yang harus disediakan adalah 2 loket dan periode 3 pukul 09.30 – 10.30 WIB adalah 1 loket pendaftaran. Dan hasil ini penulis kembalikan kepada pihak manajemen Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta untuk memutuskan dari dua tujuan dan kepentingan yang berbeda yaitu kepentingan Puskesmas ataukah kepentingan pasien yang diutamakan. Kata kunci : Tingkat kedatangan, tingkat pelayanan, jumlah loket pendaftaran pasien


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DWI INDAH SETYOWATI
NIM : 02020001
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022