Analisis Prestasi Take off Dan Landing Pesawat Sekelas Boeing 737-900ER
Berdasarkan Kondisi Runway |
Penulis RUSLAN
Pembimbing : Drs. Sukoco, MPd., MT - Arief suwardiman, ST
|
ABSTRAK :
Dalam penyeleksian suatu pesawat terbang sangatlah penting untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi terbang pesawat seperti take-off dan landing dan masih banyak lagi faktor faktor yang menjadi bahan pertimbangan bagi para operator pesawat untuk menyesuaikan kondisi medan operasi dan misi pesawat tersebut. Faktor utama yang mempengaruhi pada saat take-off dan landing adalah kondisi wet runway dan dry runway. Oleh karena itu perlu kiranya penulis untuk melakukan analisis terhadap take-off dan landing pesawat sekelas boeing 737-900ER untuk mengetahui panjang kebutuhan runway suata bandara khususnya pada saat kondisi dry runway dan wet runway.
Untuk menganalisa ataupun menghitung panjang runway yang dibutuhkan, maka dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu menentukan rumus yang didapat berdasarkan referensi-referensi dibuku kemudian disimulasikan kedalam program Mathlab dan Microsoft Excel dengan tujuan supaya hasil yang didapat lebih akurat. Selain untuk menganalisis pesawat sekelas boeing 737-900ER beberapa hitungan ini dapat juga diaplikasikan pada jenis pesawat lain.
Pada kondisi dry dan wet runway hasil perhitungan yang didapat yaitu seiring dengan bertambahnya berat operasional pesawat dan semakin kecil kerapatan udara, maka jarak take-off dan landing semakin jauh. Sehingga dapat dikatakan bahwa pesawat dapat memenuhi persyaratan apabila panjang landasan pucu mencukupi untuk mendarat maupun lepas landas.
Kata kunci : (take-off, landing, dry dan wet runway)
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: RUSLAN |
|
NIM |
: 03050052 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|