ABSTRAK :
Transportasi udara lebih memfokuskan pada jasa angkutan penumpang, sementara untuk angkutan barang umumnya adalah barang-barang yang bernilai tinggi dengan berat yang ringan. Bandar udara direncanakan mampu menunjang moda transportasi udara baik untuk penerbangan antar daerah maupun internasional, baik untuk kepentingan bisnis maupun sekedar untuk mengadakan perjalanan wisata, yang dari tahun ketahun mengalami perkembangan yangs angat pesat sejalan dengan kebutuhan pemakai jasa transportasi udara dan pertumbuhan masyarakat
Penelitian tingkat kinerja pelayanan penumpang di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta bila dilihat dari segi fasilitas yang ada saat ini dengan jumlah sampel sebanyak 371 sampel, pengambilan data menggunakan kuesioner dengan variabel kemudahan, kenyamanan dan kecepatan yang di ukur menggunakan skala likert lima point yaitu 1= sangat tidak memuaskan, 2= tidak memuaskan, 3= cukup, 4= memuaskan, 5= sangat memuaskan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha penanganan dan pelayanan terhadap penumpang khususnya yang berkaitan dengan kenyamanan, kemudahan dan kecepatan serta ketersediaan fasilitas bagi penumpang di Bandar Udara Internasional AdisujtjiptoYogyakarta telah cukup baik dengan point 3 dari tabel descriptive statistics untuk semua jenis perjalanan.Dari hasil uji ANOVA tingkat signifikan 0,000 lebih rendah dari tingkat kesalahan yaitu 0.05, ini berarti menambah nilai tingkat kepuasan penumpang.
( kata kunci : kemudahan, kenyamanan dan kecepatan )
|