© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS STATIK KEKUATAN STRUKTUR FITTING DAN FASTENERS JOINT PADA LANDING GEAR PADA PESAWAT N-219
Penulis
TARCISIO MADEIRA MARTINS
Pembimbing : M. Jalu Purnomo ST, M Eng, - Subardjo, SE, MM,

ABSTRAK :
Struktur pesawat harus dibuat kuat agar mampu menahan gaya yang diterima. Gaya yang bekerja pada struktur dapat menyebabkan terjadinya perubahan bentuk dan berujung pada kegagalan struktur. Kegagalan struktur itu sendiri dapat didefinisikan suatu keadaan dimana struktur tidak dapat digunakan dalam waktu yang sangat lama. Kegagalan struktur sebenarnya masih dapat diterima selama masih dalam batas pakai yang dapat ditoleransi. Sedangkan perubahan bentuk (deformation) dapat didefinisikan sebagai perubahan bentuk yang masih dalam daerah elastisitas-nya namun akan menyebabkan deformasi permanen yang disebabkan oleh perlakuan gaya yang berulang pada struktur tersebut sehingga menyebabkan deformasi permanen dan gagal struktur. Semua komponen struktur pada pesawat terbang merupakan bagian penting dan sangat membutuhkan ketahanan kerja yang baik untuk menjaga keamanan(safety). Salah satu komponen penting dari pesawat terbang yang harus diperhatikan adalah struktur fitting dan fasteners jointnya pada landing gear. Fitting merupakan salah struktur yang terdapat pada landing gear yg berfungsi manahan semua beban yang diterima landing gear dan sebagai perantara untuk landing gear dan struktur airframe pesawat. Karena Landing Gear merupakan salah satu komponen penting dalam struktur pesawat terbang. Bahkan vital karena berfungsi untuk menopang keseluruhan bobot pesawat ketika berada didarat, mobilisasi di daratan (ground operation), kondisi tinggal landas (take off conditions) dan pada saat pendaratan pesawat (landing). Untuk mengetahui kekuatan strukturnya biasanya analisis pakai dua cara yakni analisis memakai software dan perhitungan analitik. Ketahanan kekuatan strukturnya dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai tegangan dan nilai margin of safety(batas keamanan). Dari kedua hasil tersebut akan digunakan untuk sebagai pertimbagan untuk mendesain sautu struktur pesawat. Untuk laporan Skripsi ini analisis mengunakan perhitungan manual atau perhitungan analitik. Dan dari Hasil perhitungan yang telah dihitung nilai tegangan dan margin of safety semua dapat nilai positif atau (+)plus itu menunjukan struktur tersebut aman untuk dipakai di struktur pesawat terbang. (kata kunci :Nilai Tegangan, margin of safety)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : TARCISIO MADEIRA MARTINS
NIM : 09050058
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024