ANALISIS STATIK KEKUATAN STRUKTUR FITTING DAN
FASTENERS JOINT PADA LANDING GEAR PADA PESAWAT N-219 |
Penulis TARCISIO MADEIRA MARTINS
Pembimbing : M. Jalu Purnomo ST, M Eng, - Subardjo, SE, MM,
|
ABSTRAK :
Struktur pesawat harus dibuat kuat agar mampu menahan gaya yang diterima. Gaya
yang bekerja pada struktur dapat menyebabkan terjadinya perubahan bentuk dan berujung
pada kegagalan struktur. Kegagalan struktur itu sendiri dapat didefinisikan suatu keadaan
dimana struktur tidak dapat digunakan dalam waktu yang sangat lama. Kegagalan struktur
sebenarnya masih dapat diterima selama masih dalam batas pakai yang dapat ditoleransi.
Sedangkan perubahan bentuk (deformation) dapat didefinisikan sebagai perubahan bentuk
yang masih dalam daerah elastisitas-nya namun akan menyebabkan deformasi permanen
yang disebabkan oleh perlakuan gaya yang berulang pada struktur tersebut sehingga
menyebabkan deformasi permanen dan gagal struktur.
Semua komponen struktur pada pesawat terbang merupakan bagian penting dan
sangat membutuhkan ketahanan kerja yang baik untuk menjaga keamanan(safety). Salah
satu komponen penting dari pesawat terbang yang harus diperhatikan adalah struktur fitting
dan fasteners jointnya pada landing gear. Fitting merupakan salah struktur yang terdapat
pada landing gear yg berfungsi manahan semua beban yang diterima landing gear dan
sebagai perantara untuk landing gear dan struktur airframe pesawat. Karena Landing Gear
merupakan salah satu komponen penting dalam struktur pesawat terbang. Bahkan vital
karena berfungsi untuk menopang keseluruhan bobot pesawat ketika berada didarat,
mobilisasi di daratan (ground operation), kondisi tinggal landas (take off conditions) dan
pada saat pendaratan pesawat (landing).
Untuk mengetahui kekuatan strukturnya biasanya analisis pakai dua cara yakni
analisis memakai software dan perhitungan analitik. Ketahanan kekuatan strukturnya dapat
dilihat dari hasil perhitungan nilai tegangan dan nilai margin of safety(batas keamanan).
Dari kedua hasil tersebut akan digunakan untuk sebagai pertimbagan untuk mendesain sautu
struktur pesawat. Untuk laporan Skripsi ini analisis mengunakan perhitungan manual atau
perhitungan analitik. Dan dari Hasil perhitungan yang telah dihitung nilai tegangan dan
margin of safety semua dapat nilai positif atau (+)plus itu menunjukan struktur tersebut
aman untuk dipakai di struktur pesawat terbang.
(kata kunci :Nilai Tegangan, margin of safety)
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: TARCISIO MADEIRA MARTINS |
|
NIM |
: 09050058 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|