© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

STUDI PERFORMA SUPER-CRUISE ENGINE DENGAN ISOTHERMAL COMBUSTION
Penulis
BASIR
Pembimbing : Ir. Suyitmadi, MT. - Moh. Ardi Cahyono, ST.,MT

ABSTRAK :
Engine merupakan salah satu sistem yang sangat penting dalam desain konseptual pesawat terbang untuk menghasilkan performa yang memuaskan misi desain. Dalam perkembangannya, engine yang banyak digunakan pada pesawat terbang adalah engine tipe turbofan, khususnya untuk pesawat terbang komersial karena engine tipe ini dikenal lebih hemat fuel dan mampu menghasilkan thrust yang besar. Kemajuan teknologi telah mendorong adanya upaya untuk meningkatkan performa engine sehingga berbagai penelitian untuk pengembangan siklus engine turbofan banyak dilakukan. Salah satu konsep yang digunakan dalam pengembangan ini adalah konsep isothermal combustion dalam turbin atau turbine burner (turburner). Isothermal combustion merupakan pembakaran yang berlangsung pada temperatur konstan di turbine burner (turburner) dimana hasil pembakaran tersebut tidak meningkatkan temperatur gas karena langsung dikonversi untuk memutar kompresor dan fan. Konsep isothermal combustion diterapkan pada engine turbofan yaitu pada pembakaran di high pressure turbine burner (HPTB) dan low pressure turbine burner (LPTB) sedangkan pada main burner diterapkan konsep isobaric combustor. Dalam analisis tersebut dibandingkan tiga konfigurasi engine turbofan yaitu turbofan tanpa afterburner, turbofan dengan afterburner, dan turbofan dengan turburner. Berdasarkan hasil analisis dengan variabel desain fan pressure ratio, compressor pressure ratio, bypass ratio dan flight mach number diperoleh bahwa engine turbofan dengan turburner memiliki performa yang lebih baik dibandingkan kedua konfigurasi engine konvensional. Engine ini mampu menghasilkan thrust yang besar dengan thrust specific fuel consumption yang rendah, selain itu engine ini mampu menghasilkan thrust yang sama dengan penggunaan TSFC yang rendah atau dengan kata lain bahwa engine dengan turburner mampu menghasilkan thrust yang lebih besar dengan TSFC yang sama. Kata kunci : isothermal combustion, turburner, specific thrust, thrust specific fuel consumption


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : BASIR
NIM : 03050091
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024