© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS STRATEGI BERSAING PENJUAL SONY ERICSON BERDASARKAN SEGMENTASI PASAR DAN PENENTUAN POSISI PRODUK (Studi Kasus Karyawan Kantor BKN I Yogyakarta)
Penulis
NONIN DWI AYOGYAWATI
Pembimbing : Uyuunul Mauidzoh, S.T., M.T - Yasrin Zabidi, S.T. M.T.

ABSTRAK :
Persaingan yang ketat dalam pasar telepon seluler haruslah mampu diantisipasi penjual agar mampu bertahan dalam persaingan dan meningkatkan penjualannya. Banyaknya alternatif merek untuk produk sejenis serta gencarnya periklanan tiap produsen akan membuat persaingan semakin ketat. Hal ini menuntut penjual untuk mensikapi para pesaing agar selalu unggul dalam dalam persaingan pasar. Untuk itu penjual harus bisa mengetahui keinginan konsumen dalam memilih telepon seluler, dengan mengetahui karakteristik demografi, posisi produk dan mengetahui strategi pemasaran berdasarkan hasil peta posisi dalam memilih telepon seluler. Penelitian mengenai pasar telepon seluler di BKN Yogyakarta dilakukan dengan skala multidimensional non-metrik. Penelitian dimulai dengan dengan penyebaran kuisioner pada pemakai/pengguna telepon seluler. Pemetaan posisi persaingan dilakukan dengan menggunakan program Multidimensional Scalling SPSS 13.00. Identifikasi segmen dan penyusunan variabel deskriptor menggunakan program Crosstab-SPSS 13.00. Selain skala multidimensional dalam penelitian dilakukan pengolahan data dengan analisa faktor, analisis kontigensi, uji independensi chi square dan pengukuran asosiasi. Hasil penelitian sebagian besar konsumen memilih telepon seluler Sony Ericsson dan Nokia. Terlihat dalam peta posisi merek Sony Ericsson ( 30.48 % ), Nokia ( 42,86 % ), LG ( 5,71 % ), Samsung ( 11,43 % ), Motorola ( 9,52 % ), jadi pesaing utama bagi Sony Ericsson adalah merek Nokia. Dalam persepsi konsumen khususnya karyawan BKN Yogyakarta kedua merek ini merupakan merek yang paling diminati oleh responden. Variabel yang berpengaruh dalam pemilihan jenis telepon selular dilihat dari tingkat signifikasi dengan uji Chi Square ( < 0.05 ) adalah variabel usia karena nilai signifikasi veriabel usia ( 0.049 ) sehingga menunjukan ( < 0.05 ). Hal tersebut berarti bahwa variabel usia tidak independent sehingga tidak berpengaruh antara variabel usia dengan pilihan telepon seluler. Kata Kunci : Skala multidimensional, analisis faktor, analisis kontingensi chi square, pengukuran asosiasi.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : NONIN DWI AYOGYAWATI
NIM : 02020002
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024