© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL - SPIRITUAL ( ESQ ) DAN MOTIVASI KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN ( Studi kasus pada Karyawan STTA Yogyakarta )
Penulis
FENDY A RUSDIYANTO
Pembimbing : - - -

ABSTRAK :
Sumber Daya Manusia ( SDM ) adalah salah satu faktor sentral yang penting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Kemajuan yang dicapai Perguruan Tinggi sangat ditentukan oleh kuantitas dan kualitas sumber daya manusianya. Hubungan kemanusiaan sangat penting dan mendasar dalam industri jasa seperti di Perguruan Tinggi, karena itu bukan hanya Kecerdasan Intelektual saja yang dituntut dari SDM, tapi juga Kecerdasan Emosional perlu dalam kegiatan pelayanan berhubungan dengan hati personal antara pelayan dengan yang dilayani. Kecerdasan Spiritual juga diperlukan untuk mengasah ketajaman hati agar pelayanan dapat saling memuaskan. Permasalahannya adalah seberapa besar pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual ( ESQ ) dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan. Benarkah SDM yang handal memiliki ESQ yang tinggi? Maka seberapa berpengaruhkah hal diatas dengan masalah kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh ESQ dan motivasi terhadap kualitas pelayanan karyawan STTA, mengetahui pengaruh ESQ dan motivasi mana yang dominan yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan karyawan STTA., Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner kepada 30 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif, serta uji hipotesis meliputi uji prasyarat regresi dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan secara positif dan signifikan dipengaruhi motivasi, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional. Dari ketiga variabel tersebut variabel kecerdasan spiritual yang paling dominan pengaruhnya dengan sumbangan koefisien sebesar 0,627, disusul variabel motivasi sumbangan nilai koefisien yaitu 0,349 dan variabel kecerdasan emosional sumbangannya paling kecil yaitu 0,001. Aspek kecerdasan spiritual akan memotivasi seseorang dan mampu mengendalikan emosi jika aspek spiritualnya seimbang. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Motivasi, kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FENDY A RUSDIYANTO
NIM : 02020007
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024