ABSTRAK :
Landing gear pesawat latih dasar turboprop KT-1B milik TNI AU
merupakan suatu sistem pendarat yang menganut konsep modern tricycle landing
gear. Ketiga roda pendarat tersebut dapat dilipat penuh (retractable) secara
hidrolis dan dikendalikan secara elektris. Pada proses pergerakan (retract and
extend) landing gear inilah gerak kinematis akan di analisa dengan menggunakan
software CATIA P3 V5R16. Berdasarkan pada latar belakang tersebut dapat
dirumuskan bagaimana pemodelan landing gear systems, bagaimana gerak
kinematik yang terjadi dan bagaimana menganalisa kecepatan dan percepatan
dari gerak kinematik tersebut.
Pada pelaksanaan skripsi ini, penulis mengaplikasikan teknik penelitian
berupa studi kasus dimana proses penelitian tersebut dilakukan untuk
mendapatkan data langsung dari lapangan yang kemudian dianalisis berdasarkan
data riil yang didapat. Setelah melakukan semua proses pengerjaan skripsi, maka
diperoleh kesimpulan bahwa pemodelan main landing gear KT-1B menghasilkan
selisih perhitungan kecepatan dan percepatan antara CATIA dengan kalkulasi
teoritis.
Terdapat selisih hasil kalkulasi kecepatan dan percepatan baik linier
maupun angular antara CATIA dengan kalkulasi teoritis, misalnya selisih
kalkulasi kecepatan linier saat t = 4 detik di titik C = 1,2288x10-3 m/sec,
sedangkan selisih hasil perhitungan kecepatan angular pada saat t = 4 detik di
titik C = 4x10-7 turn/min dan bergerak konstan selama waktu simulasi. Saat t = 4
detik selisih hasil kalkulasi kecepatan linier di titik D = 9,176x10-4 m/sec. Saat t =
9 detik, D = 8,909x10-4 m/sec. Saat t = 12 detik, D = 1,861x10-4 m/sec. Kecepatan
angular saat t = 4 detik, D = 7,9999x10-2 turn/min. Saat t = 9 detik, D =
8,334x10-2 turn/min. Saat t = 12 detik, D = 1,1572x10-2 turn/min. Sedangkan pada
saat t = 4 detik kecepatan linier pada titik E = 9,2989x10-3 m/sec. Saat t = 9 detik
E = 8,4315x10-4 m/sec. Saat t = 12 detik E = 5,6x10-4 m/sec. Kecepatan angular
saat t = 4 detik di titik E = 1,672288x10-1 turn/min. Saat t = 9 detik, E =
1,5162x10-2 turn/min. Saat t = 12 detik, E = 1,0071x10-2 turn/min. Setelah
melakukan analisis dan kalkulasi, disimpulkan bahwa pemodelan main landing
gear pesawat KT-1B dapat dilakukan dan bisa disimulasikan dalam satu urutan
gerakan. Hasil dari simulasi yang dilakukan digunakan untuk membandingkan
kecepatan dan percepatan gerak kinematik antara hasil CATIA dengan hasil
kalkulasi teoritis.
( kata kunci : CATIA, kinematik, percepatan, kecepatan, landing gear )
|