© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KINEMATIC LANDING GEAR SYSTEMS PADA PESAWAT TERBANG K.A.I KT-1B MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA P3 V5R16
Penulis
ZICCO SANDRA PRAYUDHA
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T. - Arief Suwardiman, S.T.

ABSTRAK :
Landing gear pesawat latih dasar turboprop KT-1B milik TNI AU merupakan suatu sistem pendarat yang menganut konsep modern tricycle landing gear. Ketiga roda pendarat tersebut dapat dilipat penuh (retractable) secara hidrolis dan dikendalikan secara elektris. Pada proses pergerakan (retract and extend) landing gear inilah gerak kinematis akan di analisa dengan menggunakan software CATIA P3 V5R16. Berdasarkan pada latar belakang tersebut dapat dirumuskan bagaimana pemodelan landing gear systems, bagaimana gerak kinematik yang terjadi dan bagaimana menganalisa kecepatan dan percepatan dari gerak kinematik tersebut. Pada pelaksanaan skripsi ini, penulis mengaplikasikan teknik penelitian berupa studi kasus dimana proses penelitian tersebut dilakukan untuk mendapatkan data langsung dari lapangan yang kemudian dianalisis berdasarkan data riil yang didapat. Setelah melakukan semua proses pengerjaan skripsi, maka diperoleh kesimpulan bahwa pemodelan main landing gear KT-1B menghasilkan selisih perhitungan kecepatan dan percepatan antara CATIA dengan kalkulasi teoritis. Terdapat selisih hasil kalkulasi kecepatan dan percepatan baik linier maupun angular antara CATIA dengan kalkulasi teoritis, misalnya selisih kalkulasi kecepatan linier saat t = 4 detik di titik C = 1,2288x10-3 m/sec, sedangkan selisih hasil perhitungan kecepatan angular pada saat t = 4 detik di titik C = 4x10-7 turn/min dan bergerak konstan selama waktu simulasi. Saat t = 4 detik selisih hasil kalkulasi kecepatan linier di titik D = 9,176x10-4 m/sec. Saat t = 9 detik, D = 8,909x10-4 m/sec. Saat t = 12 detik, D = 1,861x10-4 m/sec. Kecepatan angular saat t = 4 detik, D = 7,9999x10-2 turn/min. Saat t = 9 detik, D = 8,334x10-2 turn/min. Saat t = 12 detik, D = 1,1572x10-2 turn/min. Sedangkan pada saat t = 4 detik kecepatan linier pada titik E = 9,2989x10-3 m/sec. Saat t = 9 detik E = 8,4315x10-4 m/sec. Saat t = 12 detik E = 5,6x10-4 m/sec. Kecepatan angular saat t = 4 detik di titik E = 1,672288x10-1 turn/min. Saat t = 9 detik, E = 1,5162x10-2 turn/min. Saat t = 12 detik, E = 1,0071x10-2 turn/min. Setelah melakukan analisis dan kalkulasi, disimpulkan bahwa pemodelan main landing gear pesawat KT-1B dapat dilakukan dan bisa disimulasikan dalam satu urutan gerakan. Hasil dari simulasi yang dilakukan digunakan untuk membandingkan kecepatan dan percepatan gerak kinematik antara hasil CATIA dengan hasil kalkulasi teoritis. ( kata kunci : CATIA, kinematik, percepatan, kecepatan, landing gear )


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ZICCO SANDRA PRAYUDHA
NIM : 03050051
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024