SISTEM PAKAR PADA PERMAINAN UNTUK MENGUKUR TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) MENGGUNAKAN METODE BINET-SIMON BERBASIS ANDROID |
Penulis Rio Ramdhani
Pembimbing : E.N. Tamatjita, S.Kom., M.M., M.CS - Dra.Mardiana Irawati,M.Sc.,St
|
ABSTRAK :
Perkembangan teknologi mobile yang sangat pesat saat ini, dapat dilihat di
segala bidang kehidupan manusia. Hal tersebut memicu tingkat pengunaan dari
peralatan mobile itu sendiri. Pada saat ini gadget berupa smartphone menjadi
tidak asing lagi bagi kalangan dewasa maupun anak-anak. Tes IQ yang ada
sekarang ini masih banyak yang bersifat manual dan kurang diminati
khususnya oleh kalangan anak-anak. Dengan dipadukan bersama teknologi
mobile dan dikemas ke dalam sebuah game, diharapkan dapat menambah daya
minat anak dan dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran. Hasil pengujian
terhadap 30 responden, mengenai tingkat kepuasan penguna berdasarkan
Tampilan GUI, User Friendly dan Hasil Akhir dari Game IQ yang
Menggunakan Metode Binet-Simon Berbasis Mobile, didapatkan persentase
penilaian keselurahan sebesar 71.31 persen. Dengan demikian Game IQ tersebut
dapat dikatakan Baik.
Kata Kunci : Game, Intelligence Qoutient (IQ), Binet-Simon, Mobile
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: Rio Ramdhani |
|
NIM |
: 11030004 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|