ABSTRAK :
Bentuk kebutuhan manusia di bidang transportasi diantaranya adalah
sarana penerbangan. Kesadaran akan hal tersebut, mengarahkan manusia
untuk terus mengembangkan bisnis penerbangan dari waktu ke waktu, yang
akan mendorong terjadinya persaingan yang semakin tajam dalam industri
jasa penerbangan.Hal tersebut diskon harga tiket dan kualitas pelayanan
menjadi kunci utama dalam menjamin kepuasan penumpang.
PT. Garuda Indonesia yang merupakan perusahaan BUMN yang turut
dalam persaingan jasa transportasi udara. Untuk menghadapi persaingan
bisnis penerbangan, PT. Garuda Indonesia perlu memberikan layanan yang
mampu memuaskan konsumennya sehingga tercipta loyalitas konsumen. Oleh
karena itu, pihak perusahaan Garuda Indonesia perlu melakukan analisis
pengaruh diskon harga tiket dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
penumpang sebagai pertimbangan dalam mengahadapi persaingan bisnis
penerbangan.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa diskon harga tiket
dan kualitas pelayanan secara parsial maupun serentak berpengaruh terhadap
tingkat kepuasan penumpang Garuda Indonesia. Besarnya perubahan
kepuasan penumpang Garuda Indonesia dijelaskan oleh diskon harga tiket
dan kualitas pelayanan sebesar 99,3% (R2 = 0,993).
Kata Kunci : Diskon Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Penumpang.
|