ANALISIS UNJUK KERJA ENGINE TURBO SHAFT ROLLS-ROYCE
250-C20B PADA PESAWAT HELIKOPTER NB0-105 |
Penulis IWAN ANDRIYANTO
Pembimbing : Drs. Sukoco, MPd.,MT. - Muhamad Ardi Cahyono, ST.,MT.
|
ABSTRAK :
Proses analisis unjuk kerja engine Turbo Shaft Rolls-Royce 250-C20B diteliti
untuk memberikan penjelasan mengenai tenaga engine, jumlah pemakaian bahan
bakar spesifik, efisiensi thermis dan perbandingan kompresi ketika kondisi udara
diatas permukaan laut atau Sea Level. Metode penelitian yang dipergunakan
untuk analisis unjuk kerja engine yang dipakai pada pesawat helikopter NB0-105
yaitu menggunakan dua metode yang pertama metode penelitian yang
dilaksanakan di Engine Workshop berupa pengukuran dan pengujian dan yang
kedua dengan metode penelitian kepustakaan.
Dari tabel hasil pengukuran dan pengujian engine Jika helikopter NBO-105
melakukan Take Off dan Maximum Continuous dimana tenaga engine yang
dihasilkan besar, jumlah pemakaian bahan bakar spesifik yang digunakan engine
tersebut sedikit dengan efisiensi thermis dan perbandingan kompresi yang tinggi.
Untuk Normal Cruise, Cruise A dan Cruise B dimana tenaga engine yang
dihasilkan kecil, jumlah pemakaian bahan bakar spesifik yang digunakan engine
tersebut banyak dengan efisiensi thermis dan perbandingan kompresi yang
rendah.
Ketika engine menghasilkan tenaga yang besar jumlah pemakaian bahan
bakar spesifik yang digunakan engine tersebut sedikit dengan efisiensi thermis
dan perbandingan kompresi yang tinggi sedangkan jika tenaga yang dihasilkan
engine kecil jumlah pemakaian bahan bakar spesifik yang digunakan engine
tersebut banyak dengan efisiensi thermis dan perbandingan kompresi yang
rendah.
Kata kunci : Unjuk kerja, Efisiensi, Perbandingan.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: IWAN ANDRIYANTO |
|
NIM |
: 02050028 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|