ABSTRAK :
Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian kekerasan
dan struktur mikro pada sprocket imitasi sepeda Motor Honda Astrea Grand,
sprocket dilakukan perlakuan panas (quenching) untuk menaikkan kekerasannya
dengan menggunakan media pendingin air tawar dan dilanjutkan tempering
untuk mengurangi kekerasan berlebihan yang dihasilkan akibat quenching,
menghilangkan tegangan sisa, dan memperbaiki sifat mekanik.
Pada sproket imitasi mempunyai kekerasan (Brinell): tanpa perlakuan
163,5821kg/mm2 quenching 248,3724 kg/mm² terjadi kenaikan 34% dan
tempering 173,9921kg/mm2 terjadi peurunan 29,94%. Pada pengujian struktur
mikro sprocket imitasi di dominasi oleh fasa perlit dan ferit.
Setelah dilakukan pengujian-pengujian tersebut didapatkan hasil kekerasan
tertinggi quenching.Ternyata, dari hasil keseluruhan pengujian dapat
dibandingkan bahwa tingkat kekerasan pada sprocket produk asli lebih tinggi
dibandingkan sprocket imitasi.
Kata kunci: sprocket Quenching, Tempering, Kekerasan, Struktur Mikro
|