ABSTRAK :
Bearing roda merupakan salah satu komponen dari roda yang berfungsi
untuk mengurangi gesekan antara roda dengan poros roda pada saat berputar.
Gesekan yang berlebih pada poros akan mengakibatkan keausan yang akan
merusak poros roda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisis maupun
sifat mekanis dari bearing roda Cessna R172 dan untuk mengetahui beban
maksimal yang dapat diterima oleh bearing roda Cessna R172.
Pada penelitian ini spesimen berupa bearing roda Cessna R172 akan
dipotong sesuai dengan pengujian yang akan dilakukan. Dalam melakukan
penelitian spesimen berupa bearing roda akan dilakukan uji kekerasan, uji
keausan dan uji struktur mikro. Untuk mengetahui beban maksimal yang dapat
diterima oleh bearing akan menggunakan bantuan software Catia V5. Untuk
keperluan pengambilan data diperlukan alat uji kekerasan Rockweel, alat uji
keausan , alat uji struktur mikro dan software Catia V5.
Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa material dari bearing roda
merupakan material yang mempunyai kekerasan yang tinggi, tahan terhadap
gesekan atau tahan aus dan dari simulasi menggunakan Catia V5 diketahui
bahwa bearing roda Cessna R172 mampu menahan beban maksimal 1850 N.
Dalam aplikasinya bearing hanya menahan beban 1819,13 N sehingga beban
tersebut masih dalam batas aman pembebanan yang telah ditetapkan oleh pabrik.
Kata Kunci : bearing, sifat fisis, sifat mekanis, pembebanan.
|