ABSTRAK :
Analisis yang dilakukan bertujuan untuk mencari nilai dari momen dan
gaya yang bekerja pada struktur wing box pesawat T-34C-1 Charlie yang akan
menimbulkan defleksi. Jika nilai momen dan gaya diketahui maka, tingkat
kelelahan pada struktur wing box (fatique) dapat ditekan. Dengan demikian,
besarnya load yang harus dibawa berupa barang, penumpang dan bahan bakar
dapat diperkirakan.
Analisis dilakukan menggunakan data primer yang mencakup spesifikasi
dan geometri pesawat T-34C-1 Charlie, data sekunder yang diperoleh dari studi
literatur dan browsing dari internet, dan diskusi dengan sumber-sumber yang
telah memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi pesawat terbang serta
berkompeten dalam hal analisis struktur wing box pesawat.
Analisis dilakukan pada dua belas station yang terdapat dalam struktur
wing box pesawat T-34C-1 Charlie. Nilai momen terbesar terdapat pada station
94,094 yaitu sebesar 47.088,019 Nmm. Semakin ke arah wing tip nilai momen
karena pengaruh gaya angkat dan berat fuel maupun nilai momen inersianya
semakin mengecil, hal ini menunjukkan bahwa kekuatan untuk menahan gaya
angkat semakin mengecil. Sedangkan nilai sudut defleksi terbesarnya terdapat di
station 191,000 yaitu sebesar 0,0188712 rad, karena di station tersebut
kemampuan struktur untuk menahan beban dari gaya angkat kecil sehingga
terjadi defleksi. Setelah diperoleh nilai sudut defleksi maka dapat diketahui
besarnya defleksi maksimum (Ymax) yaitu sebesar 8,192 mm atau 0,8192 cm
terdapat di station 191,000 (dekat wing tip).
(Kata kunci : wing box, momen, gaya angkat, defleksi)
|