© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PERBANDINGAN KEKUATAN STRUKTUR LAP JOINT DAN LAP JOINT REPAIR PADA PESAWAT BOEING 737-200 MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
Penulis
OKTIFIAN WINDHI PRASTOMO
Pembimbing : Ir.DJAROT WAHYU SANTOSO, M.T - ARIEF SUWARDIMAN, S.T

ABSTRAK :
Boeing SB 737-53A1177 merupakan Service Bulletin yang memberikan perintah inspeksi dan modifikasi mengenai metode perbaikan untuk crack di lower skin pada skin fuselage lap joint. Modifikasi secara kasat mata dapat dinyatakan menambah kekuatan struktur dari fuselage lap joint, tetapi tidak dinyatakan secara analisis tingkat perbandingan kekuatan dari area yang dilakukan lap joint repair, antara sebelum dan sesudah modifikasi. Analisis kekuatan lap joint menggunakan pemodelan metode elemen hingga yang terintegrasi pada perangkat lunak MSC.Patran/Nastran. Pada model lap joint diberikan dua bentuk asumsi kondisi batas dan pembebanan yaitu beban tarik dan perbedaan tekanan kabin 7.8 psi. Filosofi penting dalam pemodelan yaitu peran node MPC (Multipont Constaint) sebagai pengganti posisi rivet. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh sampel pemodelan struktur fuselage skin lap joint pesawat Boeing 737-200, sebelum dan sesudah modifikasi. Dari hasil pemodelan dan analisis lap joint diperoleh nilai gaya dan Margin of Safety (MS). Untuk beban perbedaan tekanan kondisi batas 1, gaya rata-rata pada rivet di lap joint rivet di lap joint original lebih kecil daripada lap joint repair. Untuk beban perbedaan tekanan kondisi batas 2, serta beban tarik kondisi batas 1 dan 2, gaya rata-rata pada rivet di lap joint original lebih besar daripada lap joint repair. Untuk beban perbedaan tekanan kondisi batas 1, lap joint original dan lap joint repair memiliki MS minimum positif sehingga struktur lap joint (rivet) dinyatakan aman. Untuk beban perbedaan tekanan kondisi batas 2, serta beban tarik kondisi batas 1 dan 2, terdapat MS minimum negatif sehingga struktur lap joint (rivet) tersebut dinyatakan tidak aman. Kata Kunci: Lap Joint, Metode Elemen Hingga, Rivet, Margin of Safety


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : OKTIFIAN WINDHI PRASTOMO
NIM : 04050024
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024