ABSTRAK :
Mesin propulsi adalah bagian dari pesawat terbang yang berfungsi
menghasilkan gaya dorong (thrust). Setiap pesawat udara yang ingin bergerak di
udara serta mempertahankan ketinggiannya selalu dilengkapi dengan sistem
propulsi. Mesin propulsi dapat berupa mesin piston, mesin turbin, dan roket. Saat
ini mesin turbin pemakaiannya sangat luas baik pada pesawat transport maupun
pesawat militer, dan nosel merupakan salah satu bagian yang penting dari mesin
tersebut. Ada beberapa bentuk atau tipe dari nosel yang dipasang pada mesin
pesawat, yaitu nosel yang berbentuk divergen, konvergen maupun konvergen –
divergen. Pada penelitian ini menggunakan engine GE F110 sebagai obyek
penelitian yang mana merupakan engine turbofan dengan menggunakan
afterburner.
Pada penelitian ini akan dilakukan variasi luasan area nosel pada engine
GE F11Tomcat. penelitian yang dilakukan adalah dengan memvariasiakan luasan
pada area nosel untuk dapat dilihat out put kecepatan, thrust, dan bilangan Mach.
Dari perhitungan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa
adanya kenaikan nilai dari kecepatan, thrust dan bilangan Mach yang dihasilkan
sebagai variasi dari perubahan nosel.
Kata Kunci : Kecepatan udara, Temperatur, Tekanan, Luas Area Nozzle
|