ABSTRAK :
EngineCFM56-3merupakanjenismesinpesawatterbangyangpalingbanyakdigunakanolehpesawatterbangsaatini.Mesinturbofandikenalmemilikiefisiensibahanbakaryangbaikdandapatmenghasilkangayadorongyangbesar,sehinggamesinturbofancocokuntukmesinpesawatterbang.Makadariitu,untukmenjagakeselamatan,keamananpesawatdankonsumen,pesawatterbangmemerlukanperalatandanperlengkapanyanghandal.Salahsatunyaadalahmesin(engine)pesawat.
AnalisaberikutinimerupakanhasilpengetesanyangdilakukandiUnitTestCellpadaPT.GMFAeroAsia.SalahsatunyaadalahmengatursudutVariableStatorVanes(VSV)danbukaanVariableBleedValve(VBV).PembacaansudutVSVuntuk4(empat)posisiengineyaituMinimumIdle(33.2),ApproachIdle(29.6),MaximumCotinous(0.76),Take-Off(-0.95).sedangkanbukaanVBVnyauntuk4posisiadalahMinimumIdle(101.17),ApproachIdle(101.48),MaximumContinous(2.05),TakeOff(1.99)
SpesifikasiEngineCFM56-3C1denganSerialNumber(SN)858853,prosespengetesanEnginediUnitTestCellPT.GMFAeroAsia,hubunganantarasudutVSVdenganN2(rpm),hubunganantarabukaanVBVdenganN2(rpm),untukmengetahuiperformaengine,parameteryangdilihatdisinidalamduakondisiyaitudalamkondisiStandartDaydanHotDay.Hasilakhiryangmenjadikalkulasiparameternyameliputi;Thrusth(FN),ExhaustGasTemparatur(EGT),FanSpeed(N1&N2),FuelFlow(WF).Hasilyangdiperolehmenunjukkanbahwaenginetersebutkondisimasihbagus.K
ataKunci:Axialcompressor,VariableStatorVanes(VSV)danVariableBleedValves(VBV)
|