ABSTRAK :
Perawatan pesawat dilakukan untuk menjaga keandalan (reliability) dan
ketersediaan (availability) dari komponen-komponen atau sistem-sistem yang
menunjang kinerja pesawat secara keseluruhan.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis keandalan (reliability) dari landing gear system
pesawat KT-1B, dilihat dari seringnya terjadinya kegagalan selama
operasional di lapangan,nilai dan pola laju kegagalan yang terjadi, dan juga
untuk mengetahui efektifitas perawatan yang dilakukan terhadap komponen
maupun landing gear system itu sendiri.
Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah menggunakan metode
konsep reliability berupa Weibull Analysis dengan penafsiran “Beta shape
parameter”, sebagai perumusan dasar dalam melakukan analisis untuk
memprediksi tingkat keandalan, pola, dan nilai laju kegagalan yang terjadi
pada landing gear system. Dengan melihat perhitungan dan jenis degradasi
komponen yang terjadi maka dapat diketahui jenis perawatan yang efektif
untuk diterapkan baik terhadap komponen-komponen maupun pada landing
gear system itu sendiri
Dari hasil perhitungan dan pembahasan terhadap keandalan landing
gear system, didapatkan nilai tingkat keandalan dari landing gear system
pada failure time (t)=500 adalah 0,6375 atau 63,75%, dengan laju kegagalan
(failure rate) sebesar 0,002946349. Untuk nilai β>1, yaitu β = 3,27221259,
yang mengindikasikan terjadinya kegagalan aus (wear out). Bardasarkan
nilai b (slope pada distribusi weibull) yang dihasilkan mengindikasikan
bahwa terdapat 3% kemungkinan terjadinya serious failure yaitu berupa
kegagalan aus. Sesuai dengan kebijakan perawatan untuk tipe kegagalan aus
(wear out), perawatan yang efektif untuk diterapkan baik pada komponen
maupun pada landing gear system adalah perawatan preventif.
Kata kunci : laju kegagalan, keandalan, dan efektifitas perawatan.
|