ABSTRAK :
Dunia penerbangan saat ini menjadi perhatian khusus bagi dunia karena
seiring banyak terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh kelelahan pada
struktur pesawat, perawatan yang tidak maksimal dan human error serta masih
banyak lagi kasus kecelakaan kecil yang masih dalam penyelidikan oleh yang
pihak terkait yang belum terselesaikan. Fokus utama pada kasus ini adalah
tentang kekuatan struktur, dimana kekuatan struktur adalah keamanan yang
paling awal yang harus diperhatikan.
Weather radar support atau dudukan radar merupakan struktur yang akan
dirancang untuk memasang instrumen radar pada frame 1 pesawat CN 235-220.
Dalam perancangan sebuah struktur weather radar suppport harus mampu
menahan beban berat instrumen radar baik dalam kondisi flight dan emergency
landing.
Kekuatan struktur dapat ditentukan dengan menganalisa tegangan
menggunakan program Msc Patran/ Nastran dengan metode elemen hingga,
sehingga menghasilkan tegangan maksimum. Tegangan maksimum yang
dihasilkan dapat dimasukkan ke persamaan margin of safety (MS) dengan
membagi tegangan ultimate pada material weather radar support.
Hasil analisa weather radar support menghasilkan tegangan yang paling
kritis terletak pada model Mounting sebesar 20,2 daN/mm² dengan beban 9 g.
Kemudian tegangan maksimum tersebut dibandingkan dengan tegangan ultimate
material untuk menentukan MS sehingga nilai MS sebesar 1,17. Kegagalan pada
perancangan sebuah strukur dapat dilihat pada nilai MS nya, jika nilai MS sama
dengan negatif, maka struktur tersebut di nyatakan tidak aman, jika nilai MS
tersebut tidak negatif maka struktur tersebut dapat dinyatakan aman. Jadi melihat
nilai MS pada struktur weather radar support sebesar 1,17 maka dapat
disimpulkan struktur tersebut masih aman.
Kata kunci : weather radar support, tegangan, margin of safety
|