© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Analisis Pengujian Statis Propeller APC-C2 7x4 pada Engine OS Max 15LA-S
Penulis
IGNATIUS DIMAS DWICAHYANTO
Pembimbing : Moh. Ardi Cahyono, ST.,MT - Karseno KS.INZ, S.E, M.M

ABSTRAK :
Pengujian dalam penentuan besarnya thrust propeller-engine bagi pesawat model atau unmanned (tak berawak) berbeda dengan pesawat terbang berawak (berpenumpang). Pengujian propeller pada pesawat model (aeromodelling) dilakukan dengan pengujian statis yang dilakukan pada tiga jenis propeller (APC 7x4, APC 7x5, dan JXF 7x4 HY) engine OS Max 15LA-S untuk mengetahui performa dan karakteristik engine, propeller, dan konfigurasi pesawat model sehingga dapat memberikan gambaran bagi para aeromodeller khususnya dalam memilih dan menentukan jenis propeller. Varibel pengujian yang digunakan adalah variasi throttle untuk mendapatkan karakteristik propeller. Penambahan persentasi throttle menyebabkan bertambahnya RPM dan berimplikasi pula pada meningkatnya thrust yang dihasilkan propeller engine. Efisiensi propeller APC 7x4, propeller APC 7x5 dan propeller JXF 7x4 HY masing – masing adalah 70,11%, 68,70% dan 82,78% pada pembukaan throttle 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thrust yang paling besar dengan efisiensi propeller maksimum dicapai oleh propeller JXF 7x4 HY yaitu 7,65 N. RPMmax tertinggi dicapai oleh propeller APC 7x4, yaitu 19440 RPM. Thrust yang dihasilkan propeller engine berbanding lurus dengan penambahan persentasi throttle dimana semakin besar persentasi throttle maka thrust yang dihasilkan akan semakin besar. Kata kunci: uji statis, propeller, throttle, engine OS Max 15LA-S.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : IGNATIUS DIMAS DWICAHYANTO
NIM : 03050059
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024