© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG
Penulis
GILANG GINANJAR
Pembimbing : Yasrin Zabidi ST, MT - Karseno KS, INZ, SE, MM

ABSTRAK :
Transportasi udara dituntut semakin berperan dalam mendukung pergerakan orang atau barang, pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional serta peningkatan kualitas penerbangan Indonesia.Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 15 Tahun 1992 tentang penerbangan dalam bab II Asas dan Tujuan pasal 8 yang berbunyi : “Prasarana dan Sarana penerbangan yang dioperasikan wajib mempunyai keandalan dan memenuhi persyaratan keamanan dan keselamatan penerbangan”. Agar tuntunan masyarakat akan kualitas pelayanan akan angkutan udara dapat terpenuhi serta tujuan dari penerbangan diatas dapat terwujud, maka perlu adanya ukuran kualitas pelayanan berdasarkan kepuasan masyarakat sendiri terhadap suatu kualitas pelayanan yang baik dan mereka inginkan. Untuk memperbaiki kepuasan para pelanggan, langkah awal yang harus diambil adalah mengurangi kesenjangan antara apa yang mereka harapkan dan apa yang mereka dapatkan. Oleh karena itu setiap perusahaan harus tahu siapa pelanggannya lalu mengukur kepuasan pelanggannya dengan berbagai elemen untuk menentukan kualitas pelayanan. Sehingga untuk mengukurnya diperlukan suatu studi penelitian yang komprehensif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penilaian seluruh penumpang terhadap kualitas pelayanan maskapai Garuda Indonesia berdasarkan urutan yang paling diinginkan adalah Pre Flight (Layanan call center, Layanan tiketing di bandara, Sikap staff check-in, Waktu tunggu check-in, Ketepatan jadwal penerbangan) adalah baik. In Flight (Penampilan awak kabin, Sikap/keramahan awak kabin, Kebersihan ruang kabin, Kenyamanan tempat duduk, Bahan bacaan edisi terbaru, Penampilan interior kabin, Kualitas makanan dan minuman, Hiburan musik) adalah baik. Post Flight (Program frequent flyer, Sikap/keramahan staff bagasi, Kecepatan menerima bagasi) adalah sangat baik. Untuk memperbaiki kepuasan penumpang, langkah awal yang harus diambil adalah mengurangi kesenjangan antara apa yang mereka harapkan dan apa yang mereka dapatkan. Oleh karena itu setiap perusahaan penerbang harus tahu siapa penumpangnya lalu mengukur kepuasan pelanggannya dengan berbagai elemen untuk menentukan kualitas pelayanan. Sehingga untuk mengukurnya diperlukan suatu studi penelitian yang komprehensif. Kata Kunci : Pre Flight, In Flight, Post Flight.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : GILANG GINANJAR
NIM : 02050138
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024