ABSTRAK :
Didalamduniapenerbanganfaktorkeamananmerupakasalahsatufaktoryangpenting.Strukturpesawatharusmampumenahanbeban-bebanyangterjadiselamamasaterbangnya.Salahsatubebanyangharusmampuditahanadalahbebanpadakondisiemergensilandingtanpamengalamideformasiyangmenyebabkankerusakan.
Padapenelitianinimenggunakanmetodeelemenhingga,dimanadasarmetodeelemenhinggaadalahmembagibendamenjadielemen-elemenkecilyangjumlahnyaberhinggasehinggadapatmemperhitungkanreaksidariakibatkondisibeban(load)padakondisibatas(boundarycondition)yangdiberikan.Pemodelandenganmenggunakanmetodeelemenhingga,karenamelibatkanpersamaanyangkomplekspadasetiapelemennyamakamemerlukankomputersebagaiperalatanpendukungnya.SehinggapadapenelitianinimenggunakanperangkatlunakMSCPatran/Nastran2005untukpemodelandananalisis.
SetelahdilakukananalisisdenganmenggunakanMSCPatran/Nastran2005danmengolahnyakembalidengankondisibending,makadihasilkanuntukelemenQuaddenganteganganmaximumterjadipadacase3GdenganID120567dengannilaivonmises3.01E+01MPadanMarginofSafety(MS)7.359448.sedangkanuntukelemenBARteganganmaximumterjadipadacase9GdenganID701nilai2.90E+01MPadansetelahdilakukananalisisBending,bucklingdancripplingdidapatnilaiMS5.087988,MS7675.448danMS435.201546.
Katakunci:sayap,emergencylanding,metodeelemenhingga,MSCPatran/Nastran,MarginofSafety.
|