© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS BUCKLING PADA WING PESAWAT KT-1B STA 1920 SAMPAI 2500
Penulis
DWI HARTINI
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu S, M.T. - Hendrix Noviyanto F, S.T

ABSTRAK :
Buckling merupakan keadaan dimana suatu benda mengalami penekukan atau pembengkokan akibat adanya pemberian beban atau gaya pada benda tersebut. Fenomena buckling ini bisa terjadi pada bagian wing pesawat terbang, dimana wing ini ditinjau dari fungsinya merupakan bagian pesawat yang paling penting. Oleh karena itu wing harus memenuhi persyaratan kekuatan. Untuk mengetahui kekuatan tersebut dilakukan perhitungan yang bertujuan untuk menghitung nilai tegangan dan beban buckling yang terjadi pada wing. Subyek penelitian ini adalah pada pesawat KT-1B, sedangkan obyeknya adalah menganalisis kekuatan buckling pada stringer wing pesawat KT-1B, khususnya pada STA 1920 sampai 2500. Proses yang dilakukan adalah menghitung nilai tegangan, setelah nilai tegangan diketahui maka beban tekan yang terjadi pada stringer dapat dihitung. Jika struktur menerima beban tekan yang melebihi kemampuannya, maka struktur wing pesawat akan mengalami kegagalan. Dari hasil analisis diperoleh nilai tegangan tekan maksimum pada STA 1920 dan STA 2500 terjadi pada stringer dua sebesar 802,11154 MPa dan 849,70337MPa, sehingga beban tekan maksimum di kedua STA tersebut juga terjadi pada stringer dua sebesar 69083,63707 N dan 73182,58908 N. Beban tekan kritisnya berkisar dari 219396,38749 N sampai 1818142,76326 N. Nilai perbandingan        cr P P dari setiap stringer nilainya didapat lebih kecil dari satu       1 cr P P ,dimana perpandingan        cr P P minimum terjadi pada stringer dua yaitu 0,03912. Indiator lainnya jg didapat dari perhitungan Margin of Safety (MS). Nilai tegangan kritisnya berkisar dari 2547,35248 Mpa sampai 21109,9669 MPa. Nilai MS dari setiap stringer didapat lebih besar dari nol (MS > 0), dimana MS maksimum terjadi pada stringer dua yaitu 24,55972. Dari kedua hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa struktur wing masih mampu menahan beban dan tegangan buckling. Kata kunci : Buckling, Wing, Stringer


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DWI HARTINI
NIM : 04050067
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024