© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

OPTIMALISASI PELAYANAN CHECK-IN COUNTER DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA
Penulis
AGNI BAYU NOERCAHYO
Pembimbing : - - -

ABSTRAK :
Kegiatan transportasi udara tidak dapat terjadi tanpa bandara. Dengan demikian pengembangan bandara harus sejalan dengan perkembangan transportasi udara, serta mampu mengantisipasi pertumbuhan pengguna transportasi udara pada masa mendatang. Dengan meningkatnya penguna transportasi udara maka harus memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di Bandara Adisutjipto sehingga mampu menunjang kelancaran lalu lintas penerbangan yang ada di Bandara Adisutjipto. Selain memaksimalkan sarana dan prasarana, pelayanan pada calon penumpang pun harus ditingkatkan terutama pada bagian pelayanan check - in karena hal itu sangat menunjang kelancaran lalu lintas penerbangan. Apa bila pada bagian check – in kurang menunjang maka akan terjadi antrian yang panjang sehingga akan membuat calon penumpang merasa tidak nyaman dan dapat meyebabkan tertundanya penerbangan oleh karena itu penulisan skripsi ini membahas tentang Optimalisasi Counter Check – In Di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Untuk menganalisis data dan menentukan jumlah counter check – in yang optimal penulis menggunakan metode Teori Antrian yaitu teori yang menyangkut studi matematis dari antrian atau baris – baris penungguan sedangkan antrian itu sendiri adalah suatu garis tunggu dari konsumen (satuan) yang memerlukan layanan dari satu atau lebih fasilitas pelayanan. Teori antrian digunakan berdasarkan waktu pelayanan dari fasilitas pelayanan dan waktu tunggu yang terjadi dalam barisan antrian. Dalam perhitungan teori antrian diperlukan data – data seperti waktu pelayanan dan waktu kedatangan, selain itu dalam perhitungan teori antrian harus memenuhi syarat yaitu harus berdistribusi eksponensial, distribusi poisson, dan pengujian kebaikan suai yaitu X2 hitung harus lebih kecil dari X2 tabel. Model antrian yang digunakan adalah single chanel – single phase. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa counter check – in yang optimal di bandar udara internasional adisutjipto yogyakarta minimal sebanyak dua buah. Apabila hanya menggunakan satu counter check – in tingkat penggunaan fasilitas pelayanan di atas 100% hal ini menunjukan bahwa fasilitas check – in sibuk sehingga tidak dapat melayani dengan baik, waktu rata – rata antrian Batavia, Wings dan Merpati adalah 3,54 menit, Lion 3,40 menit, dan Madala 3,38 menit. Sedangkan waktu rata – rata penumpang dalam sistem Batavia, Wings dan Merpati adalah 3,53 menit, Lion 3,33 menit, dan Mandala 3,33menit. Kata kunci : Antrian, Check – in, Pelayanan.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : AGNI BAYU NOERCAHYO
NIM : 02050119
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024