ABSTRAK :
AHASS 5978 UD. Utama Motor Yogyakarta merupakan salah satu usaha dagang dalam negeri yang bergerak di bidang penjualan sepeda motor Honda, spare part, dan service bengkel resmi Honda (AHASS). Mengingat adanya para pesaing penjualan sepeda motor seperti Yamaha dan Suzuki mengakibatkan perusahaan dituntut untuk dapat menghadapi persaingan dalam menjamin kelangsungan hidupnya. Untuk itu perusahaan harus memikirkan berbagai strategi-strategi apa yang akan diterapkan dan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimilikinya untuk meningkatkan daya saing perusahaan terhadap pesaing-pesaingnya.
Didalam menentukan strategi tersebut dibutuhkan analisis matriks Boston Consulting Group (BCG), Environment Threat and Oportunity Profile (ETOP), Strategic Advantage Profile (SAP), Matriks Daya Tarik Industri (MDTI), dan analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT).
Dari hasil analisis matriks BCG maka AHASS 5978 UD. Utama Motor berada pada posisi star dengan tingkat pertumbuhan pasar sebesar 27,3%, dan pangsa pasar relatif terhadap pesaing 2,7 x dan 2,9 x. Strategi yang dapat disarankan berdasarkan analisis MDTI yaitu tumbuh atas dasar segmen pasar, spesialisasi produk, dan investasi yang selektif. Dari analisis SWOT, kekuatan yang dimiliki yaitu tempat usaha cukup luas, ada gudang persediaan sehingga barang selalu tersedia (ready stock), pembelian cash/kredit proses pengiriman cepat, pelayanan service bengkel AHASS bintang 5 dengan mekanik handal. Kelemahan kurangnya promosi dan strateginya. Peluang perusahaan yaitu berada pada akses jalan menuju tempat wisata pantai dan menuju kota, sehingga berpeluang terus berkembang dan membentuk cabang penjualan lagi. Ancaman perusahaan yaitu jumlah pesaing yang tidak sedikit. Sedangkan penetapan strategi berdasarkan analisis SWOT digunakan strategi Peluang-Kekuatan (OS) yaitu menggunakan letak strategis perusahaan, tempat usaha dan gudang yang cukup luas, kapasitas penjualan yang cukup besar untuk membuka cabang penjualan dan meningkatkan daya saing perusahaan, serta menggunakan kualitas pelayanan di divisi penjualan dan divisi bengkel yang dimiliki perusahaan untuk meningkatkan daya saing perusahaan.
Kata kunci : Analisis SWOT, Matriks BCG, Matrik Daya Tarik Industri (MDTI).
|